Cara Membuat Link Undangan Zoom Meeting dari PC dan Ponsel Anda

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
zoom 7777
(ilustrasi/net)

JAKARTA | patrolipost.com – Zoom menjadi aplikasi wajib di masa pandemi Covid-19, bagi mereka yang bekerja secara online, maupun belajar dari rumah. Meski sudah banyak yang familiar dengan aplikasi Zoom, namun mungkin sebagian pengguna masih kebingungan bagaimana cara membuat link undangan Zoom Meeting. Sebenarnya pengguna bisa dengan mudah mengundang orang lain, baik dari jauh hari sebelum rapat berlangsung, ataupun saat rapat sedang berlangsung sekalipun.

Berikuta cara undang Zoom Meeting dari PC dan ponsel, baik sebelum atau saat meeting sedang berlangsung.

1. Cara undang Zoom sebelum meeting dimulai. Biasanya, untuk kegiatan formal, undangan rapat atau pertemuan virtual sudah diberikan dari jauh-jauh hari sebelum rapat berlangsung. Untuk bisa menyebarkan undangan, pengguna harus membuat atau menjadwalkan rapat virtual menggunakan fitur “Schedule Meeting” terlebih dahulu. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email baru setelah itu, pengguna bisa menyalin undangan meeting dan menyebarkannya ke orang yang ingin diundang.

Undangan meeting ini biasanya berisi informasi soal topik dan waktu meeting Zoom akan berlangsung. Lengkap dengan link, Meeting ID, dan passcode yang bisa digunakan orang lain untuk bergabung dalam rapat.

Pengguna bisa menjadwalkan meeting dan mendapatkan link invite dari PC maupun smartphone. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

Cara membuat jadwal Zoom meeting Buka aplikasi Zoom di PC atau smartphone Klik opsi “Schedule” pada halaman utama Atur jadwal meeting dengan mengisi topik, hari/tanggal meeting, durasi, dan hal lain yang dibutuhkan Klik save Cara membuat link undangan Zoom Meeting dari PC Di PC, jadwal meeting bisa dilihat di tab “Meetings” untuk mengirim undangan, klik titik tiga horizontal pada jadwal tersebut Klik opsi “copy invitation” atau pengguna bisa klik opsi “Show Meeting Invitation” dan salin seluruh isinya.

Selanjutnya, pengguna hanya perlu menempel (paste) undangan tersebut, misalnya ke e-mail atau chat WhatsApp orang yang ingin diundang ke dalam meeting zoom. Pengguna juga bisa menyebar undangan rapat lewat platform lainnya. Cara membuat link undangan Zoom Meeting dari HP di smartphone, opsi mengundang orang lain akan otomatis muncul sesaat setelah rapat selesai dijadwalkan. Pengguna hanya perlu klik opsi “invite” Secara default, pengguna diberikan opsi untuk mengundang orang lain melalui e-mail, SMS, chat Facebook Messenger Pilih salah satu, lalu kirim undangan ke orang yang dituju Atau, pengguna juga bisa gunakan opsi “copy to clipboard” agar bisa mengundang orang lain lewat aplikasi lainnya. Misalnya melalui chat WhatsApp Pengguna juga bisa mengirim undangan dengan opsi “Send Invitation” yang ada di tab “Meetings” 2. Cara undang Zoom saat meeting sedang berlangsung Lihat Foto Cara invite orang ke Zoom Meeting saat rapat sudah berlangsung.

Ada kalanya, pengguna ingin mengadakan pertemuan atau rapat mendadak dengan sahabat atau rekan kerja. Jadi, tak memungkinkan untuk menjadwalkan rapat dari jauh-jauh hari.

Pengguna bisa saja langsung membuka ruang rapat. Setelah itu, baru mengundang orang lain untuk bergabung dalam rapat. Berikut langkah-langkah selengkapnya. Buka aplikasi Zoom di PC atau smartphone Klik opsi “New Meeting” pada halaman utama Lalu pilih “Start a Meeting” Untuk mengundang orang, klik opsi “Partisipants” di bawah layar Lalu klik “invite” Nantinya akan muncul jendela baru. Di situ, pengguna bisa mengundang orang melalui SMS, chat Facebook Messenger, atau e-mail Atau bisa juga gunakan opsi “copy invite link” atau “copy invitation” Lalu kirim undangan rapat ke orang yang dituju melalui aplikasi lain, seperti chat WhatsApp, direct message Instagram, dan sebagainya Itu dia dua cara undang Zoom Meeting dengan mudah. Selamat mencoba! (305/kmc)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *