HKJS 2021, Ny Antari Jaya Negara: Pandemi Covid-19 Pengaruhi Kesehatan Jiwa

seminar jiwa
Seminar kesehatan jiwa di Mal Pelayanan Publik  Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) tahun 2021 di Kota Denpasar diperingati dengan pelaksanaan seminar kesehatan jiwa. Seminar dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara secara daring dan luring yang dipusatkan di Mal Pelayanan Publik  Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpasar, Selasa (10/12/2021).

Hadir secara fisik Istri Wakil Walikota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, para narasumber yakni dr I Gusti Rai Putra Wiguna SpKJ dan Lucky Windaningtyas Marmer MPsi, Psikolog Yayasan Teman Baik.

Bacaan Lainnya

Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan setiap 10 Oktober, diperingati menjadi Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang tahun ini mengangkat tema Mental Health in An Unequal World  atau Kesetaraan Kesehatan Jiwa untuk Semua. Adapun tujuan peringatan HKJS ini untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kesehatan jiwa di seluruh dunia dan memobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan jiwa serta menjadi momentum kampanye massif bagi semua pemangku kepentingan yang bekerja pada pada isu-isu kesehatan jiwa serta mendorong upaya untuk mencari solusi bagi upaya pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa dan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya (NAPZA).

Di masa pandemi Covid-19 ini, masalah kesehatan jiwa merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang cenderung meningkat dan berdampak besar, baik pada tenaga kesehatan dan pekerja garis depan lainnya, pelajar, ibu bekerja, ibu rumah tangga,  orang yang tinggal sendiri, kaum disabilitas fisik, kaum terpinggirkan, maupun mereka yang memang memiliki masalah kesehatan jiwa. Pandemi  memberikan ketidakpastian tentang kapan situasi ini usai, kehilangan orang tersayang, kondisi pekerjaan dan keuangan yang tidak stabil, sehingga sangat berpengaruh terhadap produktivitas serta kualitas hidup masyarakat termasuk dalam hal kesulitan mengakses layanan kesehatan jiwa.

Sehingga Pemerintah Kota Denpasar melakukan berbagai upaya promotif, preventif, kuratif serta rehabilitatif terhadap  Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) maupun Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), secara berkesinambungan.

“Salah satunya melalui webinar kolaborasi  yang didukung oleh Yayasan Teman Baik Nusantara, dengan harapan komunikasi, informasi dan edukasi  dari para pemerhati kesehatan jiwa bisa tersampaikan dengan jelas ke kelompok sasaran,” tambahnya.

Sementara ketua panitia yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr IB Gede Eka Putra menerangkan, seminar ini dilaksanakan dalam memperingati HKJS.  Dimana kegaiatan ini digelar untuk meningkatkan kesadaran isu kesehatan jiwa, dan mobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan jiwa, serta mendorong mencari solusi dalam kesehatan jiwa.

“Seminar dilaksanakan secara daring maupun luring dari ruang Sewaka Dharma Graha Sewaka Dharma Diikuti oleh teman-teman komunitas, masyarakat umum dan komunitas lainnya,” tandasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.