Polisi Berkebun, Polres Badung Ubah Lahan Tidur Jadi Ladang Produktif

polisi berkebun
Kapolres AKBP Leo Dedy Defretes, SIK, SH, MH saat Launching Polisi Berkebun di Subak Citra, Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. (ist)

MANGUPURA | patrolipost.com – Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes SIK SH MH melaunching program Polisi Berkebun di Subak Citra, Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Selasa (12/10/2021). Kegiatan tersubut merupakan program inovasi Polres Badung, guna mewujudkan ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Agus Susanto SH MH, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa SSos, Danramil Kecamatan Abiansemal, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Abiansemal serta beberapa perbekel Kecamatan Abiansemal dan para Pekasih Desa Bongkasa.

Bacaan Lainnya

Kapolres Badung menjelaskan, desa menjadi tiang yang kuat dalam mencegah penyebaran virus Corona. Hal ini disampaikan mengingat pembangunan berawal dari desa, kesediaan pangan dari desa, begitu pula virus Corona (Covid-19) juga dari desa. Dengan demikian upaya pencegahannya pun difokuskan dari desa.

Dengan program pemanfaatan lahan tidur dijadikan sebagai lahan produktif diharapkan dapat membantu membangkitkan ekonomi rakyat di tengah rakyat berjuang melawan Covid -19. Kini telah menunjukkan hasil yang menggembirakan yaitu positif Covid -19 terus mengalami penurunan, tingkat kesembuhan tinggi serta angka kematian turun drastis.

“Di tempat yang indah, lestari, subur dan menyejukkan ini, kita tanam bibit/benih jagung dan edamame  bersama-sama dengan masyarakat akan dapat membantu membangkitkan ekonomi rakyat,” ungkapnya.

Kegiatan yang banyak dapat apresiasi dari para pejabat dan masyarakat yang hadir akan terus ditingkatkan di masing-masing Polsek di wilayah hukum Polres Badung.

“Tidak hanya di Subak Citra ini saja kita manfaatkan lahan tidur menjadi lahan prodiktif, namun di masing-masing Polsek juga dilakukan hal yang sama,” sebutnya usai menyerahkan bibit jagung, bibit kacang edamame dan pupuk kepada pemilik lahan.

Selanjutkan kata Mantan Kasat PJR Ditlantas Polda Bali, jika kesediaan pangan di desa kuat, virus Corona tidak akan menjadi momok yang menakutkan terhadap ekonomi masyarakat.

“Berkebun adalah salah satu idola yang tepat untuk mengembalikan ekonomi rakyat, di tengah wabah Covid -19,” pungkasnya. (pp05)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.