Perolehan Sementara Medali PON XX Papua 2021, Selasa (12/10/2021): Jatim Ancam Jabar

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
medali 11111
Daftar sementara perolehan medali PON XX Papua 2021, Selasa (12/10/2021), Jawa Barat memimpin dengan mendulang 93 emas. (ist)

JAYAPURA | patrolipost.com – Kontingen Jawa Barat (Jabar) masih menduduki posisi teratas dalam daftar perolehan medali PON XX Papua 2021. Hingga Selasa (12/10/2021) pukul 06.00 WIB, Jabar sudah mendulang 244 medali (93 emas, 73 perak, dan 78 perunggu).

Satu medali emas disumbangkan Batara Marpaung dari cabang olahraga biliar. Tampil di kelas Cadre Carom, ia berhasil mengalahkan wakil DKI Jakarta, Rudy Hasan dengan poin 130-119 pada laga final yang berlangsung di Venue Biliar Mimika, Senin (11/10/2021).

Usai memenangkan pertandingan, pebiliar 66 tahun itu langsung disambut pelukan dan tangis haru dari pelatih, official dan sesama atlet Jawa Barat. Tangis haru ini karena medali emas ini merupakan pertama diraih Batara sepanjang sejarahnya mengikuti ajang PON di olahraga biliar.

Batara mengaku senang mendapatkan medali emas pertamanya. Kepingan emas ini, tambahnya, sudah ditargetkan dari empat nomor pertandingan yang diikuti.

“Intinya saya senang sekali bisa dapat emas pertama saya,” ungkapnya.

Saat ini Jawa Barat sudah mendapatkan dua medali emas, dari dua nomor pertandingan yang berbeda. Emas pertama diraih pebiliar double putri Anita Kanjaya dan Amanda.

Berkat kontribusi Batara, Kontingen Jabar semakin kokoh di puncak klasemen perolehan medali PON XX Papua 2021. Mereka unggul 10 medali emas dari Jawa Timur, yang meneror di urutan kedua.

Dengan tambahan satu medali emas dari nomor 200 meter gaya bebas putri, Adinda Larasati Dewi, total sudah mengoleksi lima medali emas untuk Jatim. KONI Jawa Timur telah menyiapkan bonus bagi setiap atletnya yang meraih medali emas sebesar Rp30 juta.

Bonus diserahkan langsung saat seremoni pengalungan medali. Jika di total dengan raihan lima medali emas, maka bonus yang telah diterima perenang asal Kota Bangkalan Madura ini adalah Rp150 juta.

“Capaian hari ini sudah sangat memuaskan, Alhamdulilah sudah memenuhi target,” ujarnya singkat.

Masih ada empat hari tersisa bagi atlet Jatim untuk mengejar perolehan medali sebelum PON XX Papua 2021 resmi ditutup. Rencananya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin bakal menutup pesta empat tahunan ini, Jumat (15/10/2021).

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Seremoni penutupan PON XX Papua, M. Umar Reliubun,. “Kami telah melakukan koordinasi dengan unsur-unsur terkait seperti Pak Gubernur Papua Lukas Enembe, pihak PB PON, dan KONI. Upacara penutupan akan dihadiri oleh Wakil Presiden,” kata dia. (305/snc)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *