4 Pemain ‘Anak Emas’ Shin Tae Yong di Playoff Piala Asia

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
timnas 55555
Asnawi Mangkualam jadi salah satu pemain yang dipercaya Shin Tae Yong. (ist)

JAKARTA | patrolipost.com –  Ada empat pemain ‘anak emas’ Shin Tae Yong yang tidak tergantikan dalam duel Timnas Indonesia vs Taiwan di playoff Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia tampil apik melawan Taiwan di playoff Piala Asia. Dalam dua laga tersebut Indonesia meraih kemenangan meyakinkan 5-1.

Skuad Garuda mengawali perjuangan melawan Taiwan dengan menang 2-1 pada leg pertama saat berstatus tuan rumah di Chang Arena. Dua gol Indonesia dicetak Ramai Rumakiek dan Evan Dimas.

Pada leg kedua ketika bertindak sebagai tim tamu, Indonesia tampil lebih impresif dengan menang telak 3-0. Tiga gol Tim Merah Putih dilesakkan Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman.

Muhammad Riyandi dua kali tampil di Indonesia vs Taiwan. Meski demikian, dalam dua pertandingan playoff itu terdapat sejumlah pemain yang selalu dimainkan Shin Tae Yong dan tidak tergantikan.

Setidaknya empat pemain selalu tampil sebagai starter pada dua pertandingan Indonesia vs Taiwan dan selalu tampil selama 90 menit.

1. Muhammad Riyandi
Riyandi selalu mendapat kepercayaan penuh dari Shin Tae Yong melawan Taiwan. Kondisi ini berbeda dengan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Riyandi hanya mendapat satu kali kesempatan bermain. Kala itu Shin Tae Yong lebih percaya kepada Nadeo Argawinata.

Dalam dua penampilan melawan Taiwan Riyandi kebobolan satu gol pada leg pertama. Riyandi juga nyaris membuat kesalahan saat terlalu berani mengantisipasi tendangan bebas Taiwan pada leg kedua. Beruntun aksi itu tidak berujung gol dari tim lawan.

2. Victor Igbonefo
Meski tidak lagi muda, 36 tahun, Igbonefo selalu mendapat kepercayaan dari Shin Tae Yong pada dua laga krusial melawan Taiwan.

Perlakuan Shin Tae Yong berbeda terhadap dua bek tengah lain yang menjadi pasangan bek Persib itu. Sebagai pendamping Igbonefo di jantung pertahanan Skuad Garuda, Shin Tae Yong membongkar pasang Fachruddin Aryanto dan Ryuji Utomo.

Dengan kehadiran Igbonefo, pertahanan Indonesia saat melawan Taiwan masih terbilang aman dengan hanya kebobolan satu gol dalam dua pertandingan.

Khusus pada leg kedua melawan Taiwan, Igbonefo lebih banyak berperan sebagai libero yang bisa bergerak bebas membantu serangan saat Indonesia memegang bola. Sedangkan Ryuji menjaga pertahanan.

3. Asnawi Mangkualam
Asnawi merupakan pemain lain yang menjadi kesayangan Shin Tae Yong. Bergabungnya Asnawi dengan klub Ansan Greeners juga disebut-sebut karena peran Shin Tae Yong.

Meski demikian, Asnawi kerap membayar tuntas kepercayaan Shin Tae Yong di lapangan. Mantan pemain PSM Makassar itu tampil solid di sisi kanan pertahanan.

Tidak saja dalam bertahan, Asnawi sering membantu serangan dengan melakukan overlap. Pada leg kedua, Asnawi merupakan kapten kedua Timnas Indonesia saat Evan Dimas ditarik keluar.

4. Rachmat Irianto
Rachmat Irianto merupakan pemain yang menjelma dari bek tengah menjadi gelandang bertahan bersama Shin Tae Yong. Sejumlah pihak menyebut Rachmat selalu bisa menyelesaikan masalah saat Indonesia tengah ditekan Taiwan.

Dalam beberapa momen, pemain Persebaya Surabaya itu mampu memutus serangan lawan. Rachmat bermain disiplin di lini tengah sekaligus menjaga keseimbangan Tim Merah Putih dalam bertahan maupun menyerang. (305/cnn)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *