Sosialisasi Pemilahan Sampah dari Sumber, Optimalkan Kinerja Petugas

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
bupati 1111
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengumpulkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) minta agar penangganan sampah dilakukan secara optimal. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Guna mengoptimalkan kinerja petugas sampah dan pemilahan sampah ditingkat masyarakat, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengumpulkan camat, lurah, UPT Pasar, Dirut Rumah Sakit Umum Klungkung dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di ruang rapat Widya Mandala Kantor Bupati Klungkung, Senin (11/10/2021).

“Setelah pada hari minggu kemarin dilakukan monitoring terhadap kinerja petugas pemilah sampah di TOSS Center, ternyata proses pemilahan tidak dilakukan dengan maksimal, masih banyak sampah residu yang dibuang ke TPA. Selain itu sampah yang masuk ke TOSS Center juga banyak yang tidak dipilah dari sumbernya, hal ini akan semakin memberatkan petugas pemilah, ” ujar Bupati Suwirta didampingi Kadis LHP Ketut Suadnyana.

Kepada para Pejabat Dinas LHP, Bupati Suwirta ingatkan untuk mengawasi para petugas pemilah di TOSS Center supaya bekerja lebih maksimal. Hal ini guna mengurangi pembuangan sampah residu ke TPA. Semua mesin yang berada berada di TOSS Center harus digunakan semaksimal mungkin sehingga pengolahan sampah dan produksi pupuk tidak tersendat.

Pejabat setingkat Kasi dan Kabid supaya bergiliran ngantor di TOSS Center untuk mengawasi para petugas bekerja. Para pejabat ini juga didorong untuk lebih berani ngambil sikap tegas kepada petugas yang malas bekerja.

Kepada para camat dan lurah diminta supaya meningkatkan lagi sosialisasi pemilahan sampah dari sumber sesuai Pergub dan Perda yang sudah berlaku. Sosialisasi dilakukan dengan cara bersurat serta himbauan langsung melalui pengeras suara. Seluruh desa yang sudah memiliki TPS3R agar benar benar mengelola sampahnya dengan baik sehingga tidak terjadi penumpukan sampah yang bisa menimbulkan gas metan yang bisa menyebabkan kebakaran.

Kepada UPT Pasar dan Dirut Rumah Sakit Umum Klungkung juga diingatkan untuk melakukan pemilahan sampah sehingga mengurangi beban petugas pemilah di TOSS Center dan mengurangi sampah residu ke TPA.

“Tidak mudah membuat sesuatu menjadi baik. Namun banyak yang akan bilang mudah jika sudah berjalan baik. Mari kita tingkatkan lagi kinerja kita supaya permasalahan sampah tidak selalu muncul dan menjadi beban pikiran kita, ” pungkas Bupati asal Nusa Ceningan ini. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *