Presiden Jokowi Tinjau Penanaman Mangrove hingga Venue G20 di Bali

presiden1
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutannya saat meninjau penanaman mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Jumat (8/10/2021). (ist)

MANGUPURA | patrolipost.com – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo telah tiba di Bali dalam rangka kunjungan kerja, Jumat (8/10/2021) pagi. Setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Presiden Jokowi langsung menuju Taman Hutan Raya Ngurah Rai untuk meninjau pelaksanaan penanaman mangrove.

“Baru saja saya meninjau mangrove forest di Bali, yang dibangun sejak tahun 2003. Ini merupakan tempat percontohan rehabilitasi ekosistem hutan mangrove di negara kita yang memadukan untuk pendidikan, edukasi, pariwisata dan juga untuk penguatan ekonomi masyarakat,” jelas Presiden.

Bacaan Lainnya

Jokowi menginginkan, model rehabilitasi mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, untuk direplikasi atau dikopi untuk program rehabilitasi manggrove di propinsi-provinsi yang lain.

“Ini akan terus dilakukan di kawasan pesisir untuk memulihkan, melestarikan, kawasan hutan mangrove kita dan juga mengantisipasi dan memodifikasi dari perubahan iklim dunia yang terus dan akan terjadi,” jelasnya.

Presiden berharap, melalui penanaman mangrove ini bisa mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, juga bisa menghambat intrusi air dan memperbaiki kualitas lingkungan baik lingkungan pesisir maupun habitat di daerah pantai.

Selain itu Jokowi berharap nantinya ada peningkatan baik dari produksi ikan maupun hasil laut lainnya utamanya kepiting yang cocok untuk mangrove, dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Ini akan menjadi salah satu venue yang akan kita perlihatkan kepada pemimpin-peminpin KTT G20 tahun depan,” kata Jokowi.

Presiden juga diagendakan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Bali yang digelar di Gedung Wisma Sabha Utama, Kompleks Kantor Gubernur Bali.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Bali, Presiden akan meninjau sejumlah lokasi yang akan digunakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2022 mendatang. Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah pertemuan akbar tersebut. (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.