Tujuh Desa di Satar Mese Utara Manggarai Siap Gelar Pilkades Serentak

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
pilkades serentak
Ilustrasi Pilkades Serentak. (ist)

RUTENG | patrolipost.com – Sebanyak 25 calon kepala desa yang berasal dari tujuh Desa di Kecamatan Satar Mese Utara, Manggarai, NTT siap berkompetisi November mendatang.

Camat Satarmese Utara Aloysius Jebarut mengatakan, sesuai dengan data yang ada, jumlah calon yang maju dalam proses demokrasi di desa-desa itu bervariasi. Jumlahnya dari dua hingga empat calon dari setiap desa. Demikian disampaikan di Ruteng, Manggarai, NTT, Selasa (5/10/2021).

Bacaan Lainnya

“Total calon yang maju sebanyak 25 orang. Para kandidat sudah melewati semua tahapan proses Pilkades,” katanya.

Menurutnya, para calon ini berdasarkan penetapan calon dari setiap panitia Pilkades. Tahapan terbaru yang telah dilakukan, yakni penarikan nomor urut dan kampanye sedang berjalan sekarang ini.

Camat Aloysius Jebarut menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke desa-desa penyelenggara Pilkades agar semua proses dan tahapan harus mengikuti ketentuan aturan yang berlaku. Jauhi hal-hal yang menodai demokrasi di desa.

Camat Aloysius Jebarut selalu mengingatkan beberapa hal seperti menaati Protokol Kesehatan dan membatasi orang yang hadir tatap muka, menghindari konflik dan tidak boleh ada politik uang. Kepada tim sukses dan pendukung juga tidak boleh melakukan eforia berlebihan.

Sebelumnya, Wabup Heri Ngabut mengatakan, walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19,  proses demokrasi di desa harus tetap dilaksanakan dengan baik tapi tidak keluar dari koridor ketentuan aturan yang berlaku.

Aparat desa dan panitia Pilkades harus bekerja terbuka dan transparan dan netral guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita akan terus pantau keadaan di lapangan. Saya berharap semua jalan dalam koridor hingga puncak kegiatan, 11 November 2021,” katanya. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *