Heboh, Risma Nyapu Halaman Makam Syekh Burhanuddin Ulakan di Sumbar

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
risma 11111
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) menyapu halaman kompleks Makam Syekh Burhanuddin Ulakan, Padang Pariaman, Sumatera Barat. (ist)

PADANG | patrolipost.com – Aksi Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) menyapu halaman kompleks Makam Syekh Burhanuddin Ulakan, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), heboh di sosial media. Risma melakukan aksi menyapu saat mengunjungi lokasi bencana pohon tumbang hingga longsor di daerah tersebut.

Dilihat Selasa (5/10/2021), dalam video terlihat Risma dan rombongan berada di areal makam. Mantan Wali Kota Surabaya itu tiba-tiba memegang sapu lidi dan langsung melakukan aksinya. Ia menyapu ke setiap bagian halaman. Sejumlah pejabat terlihat mendampingi Risma dan hanya menonton Risma menyapu pada kunjungan, Sabtu (2/10/2021) kemarin.

Terlihat antara lain Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, dan Wakil Bupati Rahmang, serta Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Jhon Kennedy Azis (JKA).

JKA terlihat ikut memegang sapu, namun ia tidak menyapu. Sambil menyaksikan aksi Risma, JKA mengatakan, apa yang dilakukan Risma sebagai contoh agar kebersihan di makam Syekh Burhanuddin terus dijaga.

“Artinya apa? Artinya mengajak kita bersama bahwa kita mengkeramatkan (Makam) ini tetapi kita sendiri tidak merawat, itulah intinya,” kata John dalam video itu.

Aksi menyapu Risma ini berlangsung beberapa menit, sebelum akhirnya ia dan rombongan masuk ke areal makam untuk berziarah.

Setelah itu, Risma beserta rombongan kemudian pergi ke mobil untuk melanjutkan agenda berikutnya. Namun, ia kembali berhenti saat di depan gerbang. Risma kembali meminta sapu lidi kepada salah seorang warga.

Ia kemudian berjalan ke arah depan gedung komplek pemakaman Syekh Burhanuddin sambil membawa sapu lidi. Risma kemudian menyapu sampah plastik dan dedaunan yang berserakan. Bagian selokan kecil yang penuh sampah plastik juga disapu.

Risma terus melanjutkan aksinya dengan menyapu bagian lainnya. Sekitar 10 menit ia menyapu akhirnya ia berhenti. Pejabat yang mendampingi Mensos mengajaknya berhenti menyapu.

Usai melakukan aksinya, Risma mengatakan bahwa komplek pemakaman Syekh Burhanuddin merupakan tempat yang dihormati banyak orang. Tentu wilayah ini harus bersih dari sampah yang berserakan.
“Saya yakin beliau Syekh Burhanuddin juga orang yang suka dengan kebersihan,” katanya.

Kawasan Makam Syekh Burhanuddin merupakan salah satu titik bencana tanah longsor di Padang Pariaman, Rabu (29/9). Musibah dipicu hujan lebat dan angin kencang, menyebabkan sejumlah pohon tumbang di lokasi Makam Syekh Burhanuddin. (305/dtc)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *