Bupati Klungkung Rancang Pasar Senggol Lantai II di Desa Tusan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
bupati 11111
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat melakukan evaluasi bangunan Pasar Desa Tusan yang lantai II. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Gedung lantai II Pasar Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan yang tidak digunakan selama ini akan dirancang menjadi sebuah pasar senggol dengan konsep modern. Dengan menggandeng para UMKM dan anak muda, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta akan menciptakan sebuah pasar senggol dengan dengan konsep foodcourt.

Demikian disampaikan Bupati Suwirta saat melakukan evaluasi bangunan Pasar Desa Tusan lantai II yang enggan digunakan oleh para pedagang tersebut.

“Karena konsumen enggan naik tangga ke lantai II untuk berbelanja, akhirnya para pedagang lebih memilih berdagang di pinggir jalan, dan gedung lantai II pun kosong. Dari pada gedung mubazir tidak terpakai, maka saya punya ide untuk menciptakan sebuah pasar senggol dengan konsep moderen seperti foodcourt yang ada di mall itu,“ ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menjelaskan, selain Pasar Senggol, lantai II Pasar Tusan yang cukup luas akan dilengkapi dengan LPD dan minimarket yang dikelola BUMDES dengan sistem komputer. Pihaknya berjanji akan membantu mencarikan distributor atau koperasi bagi minimarket, sehingga Perbekel tidak perlu menyiapkan dana yang besar untuk menyiapkan barang barang dan mengisi dagangan minimarket. Seluruh kebutuhan Pasar Senggol nantinya mengambil pada Minimarket sehingga terjadi perputaran barang yang cepat.

“Sekarang tinggal bagaimana komitmen dari Perbekel Desa Tusan untuk menindaklanjuti ide saya, jika ini berhasil saya akan lakukan pula pada pasar desa yang lain yang lantai duanya tidak difungsikan,” ujar bupati yang telah menggeluti dunia koperasi selama 27 tahun ini.

Sementara itu Perbekel Desa Tusan I Dewa Gede Putra Bali dalam wawancaranya mengakui, bahwa para pedagang enggan berjualan di lantai II gedung pasar karena para pedagang harus mengeluarkan biaya lebih untuk mengangkut barang dagangannya naik ke lantai dua. Selain itu para konsumen juga enggan menaiki tangga dan lebih memilih berbelanja di pinggir jalan dan kadang pula berbelanja dari atas motor yang dikendarai.

Mengenai ide yang dipaparkan oleh Bupati Suwirta, Perbekel Desa Tusan menyambut baik ide tersebut dan akan segera memindaklanjutinya. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *