SMP di Manggarai Timur Gelar ANBK, Hari Pertama Berjalan Lancar

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
siswa manggarai
Suasana ANBK di SMP Negeri 11 Borong. (ist)

BORONG | patrolipost.com – Kabupaten Manggarai Timur (Matim) melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Senin (4/10/2021).

ANBK yang digelar dari 4 – 7 September itu diikuti oleh seluruh SMP di wilayah kabupaten Manggarai Timur. ANBK di SMP Negeri II Borong berjalan lancar untuk hari pertama.

Bacaan Lainnya

Kepala sekolah SMP Negeri II Borong, Yovita Pandang menerangkan bahwa ANBK merupakan hal baru yang ada di sekolahnya. Karena program ANBK baru diterapkan tahun ini.

“Memang ANBK merupakan hal baru. Tapi kami berusaha untuk lakukan yang terbaik. Dan semua peserta, sebelum lakukan ANBK. Mereka sudah ikuti gladi selama dua hari,” ujarnya.

Kepsek Yovita berharap, agar program ANBK di sekolahnya dan Kabupaten Manggarai Timur, bisa berjalan dengan baik.

BNSP (Badan Nasional Standarisasi Pendidikan) sebuah badan turunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Secara umum, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat. Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK dikerjakan di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA.

Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *