Kapolres Buleleng Bentuk Satgas Covid-19 Satpam di PLTU Celukan Bawang

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
satgas satpam
Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto SIK SH MSi meresmikan pembentukan Satgas Covid-19 Satpam di PLTU Celukan Bawang, Senin (27/9/2021). (ist)

SINGARAJA | patrolipost.com – Memaksimalkan peran satuan pengamanan (Satpam) di masing-masing unit usaha, Polres Buleleng membentuk Satgas Covid-19 dari unsur Satpam. Satgas tersebut, secara khusus ditugaskan untuk mengamankan dan melakukan antisipasi wilayah kerjanya dari kemungkinan terpapar Covid-19 melalui interaksi pegawai dan pengunjung. Caranya dengan mengoptimalkan pelaksanaan Protokol Kesehatan (Prokes) melalui peranan mereka selaku satuan pengaman/security.

Melalui upacara apel Satgas Covid-19 Satpam diaktifkan dimulai dari lingkungan kerja PLTU Celukan Bawang. Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto SIK SH MSi memimpin apel tersebut dan dihadiri sejumlah pejabat. Diantaranya Wakil Bupati Buleleng Dr Nyoman Sudjitra SpOG, Kalaksa BPBD Buleleng Putu Ariadi Pribadi, Kasat Pol PP Kabupaten Buleleng Drs Putu Artawan, Camat Gerokgak I Made Juartawan, Danramil Gerokgak Kapten Inf I Made Subur Gunung Mas, General Affair PT GEB PLTU Celukan Bawang Indrianti Tanutanto dan sejumlah Kapolsek di wilayah Polres Buleleng.

Bacaan Lainnya

Dalam penjelasannya, AKBP Andrian mengatakan, dibentuknya Satgas Covid-19 Satpam dilakukan untuk penanggulangan penyebaran  Covid-19, karena Satpam merupakan satuan atau kelompok yang bertugas memberikan rasa aman dan nyaman di lingkungan perusahaan, kawasan dan atau pemukiman.

AKBP Andrian melanjutkan, pembentukan Satgas Covid-19 Satpam di PLTU Celukan Bawang adalah pilot project atau proyek percontohan dalam memaksimalkan penerapan Prokes pegawai maupun masyarakat atau tamu yang datang ke kantor.

“Kami harapkan Satgas dari Satpam ini mampu memberikan contoh yang baik, berani menegur jika tidak mematuhi Prokes dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ujarnya.

Setelah di PLTU Celukan Bawang, pembentukan Satgas Covid-19 akan berlanjut di tempat lainnya. Diharapkan, pengawasan terhadap disiplin Prokes terutama di lingkungan akan lebih efektif.

”Pilot project nya kan di sini dulu, nanti kalau ada lagi, mungkin kira-kira dimana kita akan lakukan hal seperti juga. Diharapkan nanti seluruhnya bisa terlaksana,” tandasnya.

Wabup Nyoman Sutjidra mengatakan, pembentukan Satgas Covid-19 Satpam di Buleleng sangat penting dalam membantu tugas-tugas Satgas Covid-19 Buleleng melakukan pengawasan penerapan disiplin Prokes. Satpam merupakan petugas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat maupun pegawai di lingkungan kerja sebagai garda terdepan. Wabup Sutjidra berharap Satpam yang dibentuk menjadi Satgas Covid-19 dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Pembentukan Satgas Covid-19 Satpam cukup penting untuk melakukan pengawasan dalam penerapan disiplin Prokes. Satpam juga yang paling pertama bersentuhan dengan masyarakat maupun pegawai di lingkungan kerjanya,” ujar Sutjidra.

Atas dibentuknya, Satgas Covid-19 Satpam di PLTU Celukan Bawang, Indrianti Tanto mengatakan langkah tepat untuk mencegah tersebarnya Covid-19 di lingkungan kerja. Ia menyebut, PLTU Celukan Bawang memiliki sebanyak 76 security yang akan ditambah perannya selain pengamanan adalah memantau pelaksanaan Prokes.

“Yang ikut apel sebanyak 40 orang namun total jumlah security di PLTU Celukan Bawang sebanyak 76 orang. Nantinya, tugas mereka ditambah dengan memberikan pemahaman Prokes kepada pegawai maupun masyarakat yang berkunjung,” tutupnya. (625)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *