Rai Wirajaya bersama Kepala BI Bali Salurkan 2.500 Paket Sembako PSBI

2021 09 26 21 29 38
2021 09 26 21 29 38

Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) bersama Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI)  Provinsi Bali Trisno Nugroho di Banjar Dakdakan, Kelurahan Peguyangan, Kota Denpasar, Minggu  (26/9/2021).

 

Bacaan Lainnya

DENPASAR | patrolipost.com – Secara maraton Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) bersama Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI)  Provinsi Bali Trisno Nugroho kembali menyalurkan paket sembako melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada masyarakat di seluruh Bali.

Kali ini sebanyak total 2.500 paket sembako PSBI kembali disalurkan untuk berbagai kelompok masyarakat yang tersebar di sejumlah daerah di Bali seperti untuk di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan dan Karangasem.

Penyerahan sebanyak 1.000 paket secara simbolis dilakukan di Banjar Dakdakan, Kelurahan Peguyangan, Kota Denpasar, Minggu  (26/9/2021). Sementara penyerahan 1.500 paket lainnya akan dilaksanakan pada kesempatan lainnya untuk dua kecamatan di Kota Denpasar yakni Kecamatan Denpasar Utara dan Denpasar Barat.

Pembagian paket sembako PSBI ini terselenggara sebagai tindak lanjut dari direalisasikannya Proposal Permohonan Bantuan Penanganan Covid-19 dari Banjar Adat Dakdakan Desa Adat Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar oleh Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia.

Hari ini dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan melalui lembaga/kelompok masyarakat maupun komunitas dengan total sembako yang akan diserahkan sebanyak 2.500 paket dan tersebar di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan dan Karangasem. Mengingat adanya pandemi Covid-19 dan adanya aturan PPKM maka hari ini hanya dilakukan penyerahan secara simbolis sebanyak 1.000 paket kepada lembaga/pokmas.

Kelompok masyarakat penerima bantuan paket sembako PSBI ini yakni Banjar Adat Dakdakan Denpasar 150 paket; Banjar Dinas Dakdakan Denpasar 100 paket; Pecalang Br. Adat Paang Tebel Desa Peguyangan Denpasar 45 paket, Forum Komunikasi Pemerhati (FORKOPERRI) LPP RRI Bali 75 paket; Desa Adat Tumbak Bayuh Badung 150 paket; Kelurahan Kerobokan Kaja Badung 150 paket; Konco Tri Dharma Kwan Kong Karangasem 50 paket; Pasemetonan Payogan Pageh Sari Tabanan 100 paket; Warga Dadia Pande Karangasem 100 paket, Pasemetonan Ageng Jero Bindu Badung 80 paket.

“Penyerahan sembako ini walau kecil tapi niat kami besar membantu masyarakat agar bisa bertahan di masa pandemi. Makanya dukungan Bank Indonesia lewat bantuan sembako PSBI ini sangat luar biasa,” kata Rai Wirajaya seraya menyampaikan terima kasih kepada BI yang terus konsisten membantu Bali bangkit.

“Terima kasih BI, Pak Gede Sutrisna (Trisno Nugroho) membantu masyarakat Bali Bangkit kembali,” sambung Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan ini.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini juga bersyukur dari hari ke hari angka kasus positif Covid-19 di Bali terus menurun. Namun masyarakat diharapkan tidak euforia berlebihan dan jangan sampai lengah. Jika lengah dan protokol kesehatan (prokes) kendor dikhawatirkan nantinya angka kasus baru Covid-19 makin meningkat

“Syukur hari ini angka kasus baru Covid-19 kecil. Tapi jangan euforia seperti bulan lalu. Ketika ada penurunan signifikan kasus baru Covid-19,kita lupa prokes dan euforia lalu kasus naik lagi. Ini berbahaya jika terulang lagi, trend dan momentum penurunan kasus signifikan ini harus kita jaga bersama,” kata politisi senior PDI Perjuangan asal Peguyangan Denpasar ini.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI)  Provinsi Bali Trisno Nugroho mengungkapkan sebagai wujud nyata kontribusi Bank Indonesia kepada negeri, Bank Indonesia telah melaksanakan Program Sosial Bank Indonesia yang bertajuk Dedikasi untuk Negeri melalui tiga program, yaitu Peningkatan Ketahanan Ekonomi (PKE) dan UMKM, SDM Unggul, dan Kepedulian Sosial.

Salah satu program penanganan bencana yang sejalan dengan upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia adalah penyaluran paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Dikatakan pandemi Covid-19 yang telah melanda bangsa ini selama hampir dua tahun mengakibatkan terjadinya kesulitan pemenuhan kebutuhan dasar, terutama pangan, bagi masyarakat ekonomi ke bawah. Kesulitan tersebut berpotensi mengakibatkan lemahnya imunitas masyarakat, sehingga upaya pencegahan Covid-19 tidak dapat dilakukan secara optimal.

Menyikapi  fenomena tersebut, Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupaya berperan aktif dalam penanggulangan pandemi Covid-19-19.

“Pada kesempatan ini, kita akan bersama-sama menyaksikan penyerahan 2.500 paket sembako penanggulangan Covid-19-19. Bantuan ini nantinya akan disalurkan kepada warga yang terdampak Covid-19-19 secara bertahap. Kami berharap agar bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi seluruh warga yang terdampak Covid-19” ujar Trisno Nugroho.

Selain itu, BI Bali  juga telah memberikan bantuan berupa 500 tabung oksigen beserta isi dan mesin generator oksigen ke rumah sakit rujukan Covid-19-19 di seluruh wilayah Bali untuk mempercepat penanganan pasien Covid-19-19 di Bali.

Trisno Nugroho kembali mengajak segenap elemen bersama-sama bersinergi dan bahu membahu menghadapi Covid-19-19. “Jika angka Covid-19 terkendali maka akan semakin mempercepat perbaikan perekonomian di Bali. Kesehatan pulih, ekonomi bangkit, menuju Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” pungkas Trisno Nugroho.

Turut hadir dalam acara penyerahan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan itu, diantaranya Anggota DPRD Kota Denpasar dari PDI Perjuangan I Wayan Sutama; Kepala Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar;  Kepala Lingkungan Banjar Dakdakan; Kelihan Adat Banjar Dakdakan serta seluruh perwakilan penerima penyerahan sembako. (wie)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.