BPR Kanti Dukung Keberadaan Koperasi Melalui MBG

2021 09 24 08 13 56
2021 09 24 08 13 56

(Kiri) Dirut BPR Kanti, Made Arya Amitaba di acara seminar/diklat MBG. 

 

Bacaan Lainnya

 

GIANYAR | patrolipost.com – Mendukung keberadaan koperasi, BPR Kanti menggelar Diklat MBG German Sparkassenstiftung bagi SDM koperasi se-Bali. MBG adalah pelatihan yang sangat interaktif untuk pengusaha mikro dan semua orang yang ingin belajar dalam praktik start-up dan usaha kecil lainnya.

Selain itu BPR Kanti juga meluncurkan Tabungan Arisanku bersama Gema KUMKM Bali, di Aula SMAN1 Sukawati, Gianyar, Kamis (23/9/2021). Acara ini dirangkai dengan peringatan Hari Koperasi ke-74 dan Pendidikan Pelatihan (Diklat) Micro Business Games (MBG) German Sparkassenstiftung bagi SDM koperasi se-Bali.

“Kita buatkan produk bersama karena ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menempatkan dananya di koperasi, dan BPR Kanti siap mensupport itu,” kata Dirut BPR Kanti, Made Arya Amitaba usai acara.

“Pelatihan ini materinya memberikan pemahaman analisa maupun kredit laporan keuangan lewat permainan-permainan edukatif sehingga tidak membosankan,” kata Amitaba.

Diklat ini diikuti 112 perwakilan koperasi se-Bali. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Wayan Mardiana mewakili Wakil Gubernur Bali, menyambut positif inisiatif BPR Kanti mengasah SDM koperasi lewat kegiatan MBG.

Menurut Mardiana, kegiatan semacam ini baru pertama kali diadakan di Bali, bahkan belum semua koperasi mengikutinya. Ia berharap melalui kegiatan ini 5.000 lebih koperasi yang ada di Bali secara bertahap ajukan seribu koperasi untuk mengikuti pelatihan MBG berikutnya.

“Ini sangat baik untuk tata kelola perkoperasian di Bali, melalui MBG ini kawan-kawan pengelola koperasi akan dapat meningkatkan kegiatan pengelola koperasi,” tuturnya.

Mardiana melihat terobosan BPR Kanti yang mengedepankan sinergitas bersama koperasi ini merupakan langkah untuk saling menguatkan koperasi dan BPR ditengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Ini dalam rangka peningkatan likuiditas permodalan, ini sering jadi kendala gerakan koperasi. Jadi melalui terobosan BPR Kanti ini akan mem-backup gerakan koperasi dalam rangka menyiapkan dana permodalan,” imbuhnya.

BPR Kanti menjadi salah satu dari 28 BPR di seluruh Indonesia yang mendapat dukungan dana dari salah satu bank umum sebesar Rp.5 triliun. Untuk tahun 2021 ini, BPR Kanti menyiapkan modal kerja untuk koperasi dengan total Rp.74 miliar, dan saat ini telah terlalu Rp.10 miliar.

“Koperasi akan kita support, kita siapkan dana, sehingga koperasi bisa menyalurkan dana kepada anggotanya,” imbuh Amitaba, bankir sukses asal Sukawati, Gianyar ini. (wie)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.