Bupati Bangli Teken Perjanjian Pinjaman Dana PEN

pinjaman dana pen
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman PEN Daerah Pemkab Bangli tahun 2021 dengan Direktur Pembiayaan dan Investasi PTSMI secara virtual. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Pemkab Bangli melakukan perjanjian pinjaman dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Terkait pinjaman tersebut Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta melakukan pendatangan perjanjian pinjaman dana PEN dengan Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI. Penandatanganan dilakukan secara virtual tersebut berlangsung di RJ Bupati Bangli, Kamis (23/9/2021)

Penandatanganan perjanjian tersebut dihadiri pula Anggota DPRD Bangli I Gusti Komang Bagus Triana Putra, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bangli, Direktur RSUD Bangli dan Inspektur Kabupaten Bangli serta tim percepatan pembangunan Kabupaten Bangli.

Bacaan Lainnya

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari pinjaman ini adalah untuk dapat meningkatkan standar dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat. Salah satu upaya dengan ketersediaan ruang perawatan baik rawat inap maupun rawat jalan serta bangunan penunjang lainnya yang memenuhi standar. Selain itu ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan.

”Besaran pinjaman dana PEN  Rp 75 miliar,” sebutnya.

Sebut bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini pinjaman PEN dialokasikan untuk pembangunan gedung di RSU Bangli sebanyak 2 blok gedung yakni Gedung 1A dan 1B. Adapun peruntukannya adalah, gedung 1A yakni lantai B1 untuk Laboratorium dan Radiologi, Lantai 1 untuk IGD, Bank Sarah dan Farmasi, Lantai 2 untuk VK, Perinatologi, dan NICU, Lantai 3 untuk ICU, ICCU dan Fisiotherapy. Sedangkan Gedung  1B yakni lantai B1 untuk Poliklinik, Rekam Medik dan Farmasi Poli, Lantai 1 untuk Poliklinik dan HD, Lantai 2 untuk CSSD dan Penunjang OK (Kamar Oprasi) dan Lantai 3 untuk OK.

Kata Bupati Sedana Arta, dengan terlaksananya kegiatan pembangunan Gedung 1A dan Gedung 1B RSU Bangli telah memiliki tinjauan terhadap aspek lingkungan dan sosial yaitu Pembangunan Gedung 1A dan Gedung 1B RSU Bangli tidak berdampak pada masyarakat adat dan tidak mengganggu lingkungan penduduk.

“Kami juga terus akan berupaya berbenah untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan ketersediaan SDM, sarana peralatan medis dan perluasan lahan RSU Bangli,” sebutnya.

Diharapkan ke depannya selalu bersinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam upaya mewujudkan pembangunan. Bupati Sedana Arta mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, DJPK, PTSMI dan tim terkait lainnya dengan direalisasikannya pinjaman PEN lewat PT SMI sebesar Rp 75 miliar.

Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI, Sylvi Juniartini Gani mengatakan berdasarkan surat permohonan dari Pemkab Bangli kepada Menteri Keuangan, maka PT SMI menindak lanjuti menjadi sektor prioritas antara lain adalah nilai permohonan atau pinjaman yang disetujui sebesar Rp 75 miliar. Yang mana tender pinjaman 8 tahun yang digunakan untuk pembangunan RSU Bangli.

Sebelumnya PT SMI telah berkoordinasi dengan PJPK Kementerian Keuangan terkait rencana usulan PEN Daerah Pemkab Bangli sesuai dengan kegiatan yang menjadi usulan permohonan untuk pemulihan ekonomi daerah di Kabupaten Bangli. Disebutkan pelaksanaan penandatanganan pinjaman PEN ini merupakan bentuk komitmen dari pemerintah Pusat, pemerintah Daerah dan juga PT SMI dalam menangani Pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Kabupaten Bangli.

“Besar harapan kami bahwa pinjaman ini dapat digunakan sebaik-baiknya sesuai dengan tujuan yang telah diajukan didalam dokumen yang ditujukan sehingga proyek yang dibangun bisa selesai tepat waktu dan tepat sasaran,” jelasnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.