Polres Manggarai Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Ranaka-2021

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
operasi patuh
Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Ranaka-2021 di Lapangan Apel Mapolres Manggarai. (ist)

RUTENG | patrolipost.com – Polres Manggarai laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Ranaka -2021 dengan tema “Cipta Kondisi Kamseltibcar Lantas di Tengah Pandemi Covid-19”. Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Manggarai, Ruteng, Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Senin (20/9/2021).

Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo SH SIK bertindak selaku pimpinan Apel. Komandan Upacara Kanit Laka Sat Lantas Polres Manggarai Ipda Yosef Frederik Salitin S Mali SH.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam Apel tersebut Wakapolres Manggarai, para Kabag Polres Manggarai, Danki Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor Manggarai, Perwakilan dari Kodim 1612 Manggarai, para Kasat dan Perwira Polres Manggarai, perwakilan Dishub Kabupaten Manggarai.

Peserta Apel Gelar Pasukan yaitu satu regu anggota Kodim 1612 Manggarai, satu regu Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor Manggarai, satu regu gabungan staf Polres Manggarai, satu regu Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai, satu regu Gabungan Reskrim – Intel Polres Manggarai, satu regu Dishub Kabupaten Manggarai.

Kapolda NTT dalam sambutannya yang dibacakan Kapolres Manggarai mengatakan, permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai saranan mobilitas dalam memenuhi kebutuhan.

Perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital, operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman yaitu cukup dengan handphone. Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut dengan melaksanakan program Kapolri yang disebut PRESISI (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan).

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan, Polri diharapkan untuk :

Pertama, mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas (Kamseltibcar Lantas). Kedua, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan Lalu Lintas. Ketiga, membangun budaya tertib Berlalu Lintas. Keempat, meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar Lantas di tengah pandemi Covid-19, Polri melaksanakan Operasi Kepolisian di tingkat Polda dan Polres dimana Operasi Patuh ini merupakan jenis operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan Preemtif, Preventif dan Persuasif serta humanis untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan di masa Pandemi Covid-19. Sasarannya meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan menganggu Kamseltibcarlantas serta penyebaran Covid-19.

Kapolda berpesan selama pelaksanaan operasi, seluruh personel diminta agar:

Pertama, melaksanakan Deteksi Dini, Penyelidikan dan Pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan Lalu Lintas serta lokasi penyebaran Covid-19.

Kedua, melaksanaan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang Kamseltibcarlantas dan bahaya Covid-19 melalui sosialisasi, spanduk, banner, baliho  dan media sosial.

Ketiga, hindari tindakan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri.

Keempat, lakukan Operasi Patuh ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.

Kelima, mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan disiplin Prokotol Kesehatan. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *