Lagi, Lahan Konservasi Gunung Batur Kintamani Terbakar

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
karhutla
Proses pemadaman kebakaran kawasan konservasi di taman wisata alam di areal Seked, Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Bangli, Minggu (19/9/2021) malam. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Kebakaran lahan kawasan konservasi Taman Wisata Alam di areal Seked, Desa Batur Tengah Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali terjadi Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 20.00 Wita. Dua pekan sebelumnya di lokasi yang sama juga terjadi kebakaran lahan.

Kapolsek Kintamani AKP Benyamin Nikijuluw saat dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran tersebut. Titik kebakaran masih sama dengan kasus sebelumnya. “Kebakaran di areal Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang di blok Seked,” ungkapnya, Senin (20/9/2021).

Bacaan Lainnya

Kebakaran tersebut diketahui oleh warga sekitar setelah kondisi api membesar. Kemudian warga yang mengetahui terjadi kebakaran, langsung berupaya melakukan pemadaman secara mandiri. Kemudian dari BKSDA juga turut melakukan pemadaman.

Menurut AKP Beny, sapaan akrab Kapolsek, di TKP banyak tumbuh semak belukar yang sudah kering yang mengakibatkan api cepat membesar dan menjalar sehingga membakar kawasan taman wisata alam. “Lahan yang terbakar sekitar 1 hektare. Sedangkan pada kasus sebelumnya belasan hektare,” sebutnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat setempat untuk ikut melakukan pengawasan. Mengingat areal tersebut rawan kebakaran. Diharapkan pula jangan sampai ada yang membuang putung rokok sembarangan.

“Pengguna jalan jangan sampai buang putung rokok sembarangan. Kebakaran yang terjadi akan berdampak besar bagi warga sekitar,” tegasnya.

AKP Beny juga berharap ada kendaraan pemadam kebakaran yang standby di Kintamani. Sehingga ketika ada kebakaran cepat mendapat penanganan. “Kalau menunggu dari kota, tentu perlu waktu cukup lama mengingat jarak tempuh cukup jauh,” imbuhnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *