Antisipasi Illegal Crime, TNI AL Akan Tambah Armada Patroli Pangkalan Laut Labuan Bajo

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
ilegal crime
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono didampingi  Danlanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Ronni, saat meninjau Sarpras di Pangkalan Angkatan Laut Labuan Bajo, Selasa (14/9/2021). (ist)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau Pangkalan Angkatan Laut Labuan Bajo (Lanal Labuan Bajo), Selasa (14/09/2021). Mengantisipasi illegal crime di perairan Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo (TNK), menurut KSAL akan menambah armada patroli.

Laksamana Yudo dalam kunjungan ini menyampaikan, kehadiran Pangkalan Angkatan Laut Tipe C di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat nantinya akan fokus melaksanakan penegakan hukum di wilayah laut khususnya wilayah perairan laut Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo yang sangat rentan dengan berbagai tindakan illegal crime, baik pencurian terumbu karang, illegal fishing maupun pencurian satwa – satwa yang dilindungi.

Bacaan Lainnya

Mengantisipasi maraknya hal ini, Laksamana Yudo menyampaikan akan menambah jumlah personel Lanal Labuan Bajo yang masih sangat terbatas serta pula menambah armada pengawasan berupa kapal – kapal patroli guna meningkatkan patroli perairan dalam mengamankan wilayah perairan Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo.

“Tentu dengan adanya Pangkalan Angkatan Laut Tipe C ini yang nantinya akan lebih fokus untuk melaksanakan penegakan hukum di wilayah laut khususnya di Labuan Bajo ini. Nanti akan kita lengkapi kapal – kapal patroli di sini kemudian kita lengkapi personelnya, ini kan masih  20 persen segera kita lengkapi. Makonya juga demikian akan kita bangun yang lebih besar sehingga dapat bersama instansi TNI/Polri dan pemerintah daerah untuk mengamankan Labuan Bajo ini,” ujar Laksamana Yudo.

Selain itu, Laksamana Yudo juga menyampaikan sesuai instruksi Presiden Jokowi yang juga memilih Labuan Bajo sebagai side event penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) pada bulan November 2020 mendatang, TNI Angkatan Laut telah menyiapkan protap pengamanan bagi tamu – tamu VIP dari berbagai negara ekonomi dunia yang direncanakan juga akan mengunjungi Labuan Bajo. Rencananya, KTT G20 sendiri akan digelar di Pulau Bali, digelar secara fisik dan melibatkan sekitar 6.500 delegasi asing.

“Kami dari sisi laut tentu akan menggerakan kapal kapal perang kita untuk mengamankan tamu – tamu VIP, tentu sudah ada protapnya bagaimana pengamanan tamu VIP baik melalui laut maupun darat. Kita sudah siapkan pengamanan KTTG20 yang akan dilakukan pada 2022. Saya sudah diinfokan Pak Menkomarves dan tentunya akan kita siapkan semuanya,” tutur Laksamana Yudo.

Dalam kunjungan ini, Laksamana Yudo didampingi oleh Bupati Maggarai Barat Edistasius Endi, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, Dandim 1612 Manggarai Letkol Cav Ivan Alfa, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Danlantamal VII Laksma TNI IG Kompiang Aribawa, Danlanal Labuan Bajo, Danlanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Ronni serta sejumlah periwira tinggi AL, meninjau sarana dan prasarana pendukung yang ada di Lanal Labuan Bajo yang telah baru saja diresmikan pada bulan Agustus lalu. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *