Banyak Desa Tidak Memiliki Peta Wilayah, Camat Lamba Leda Selatan: Itu Bukan Hal Sepele

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
camat matim
Camat Lamba Leda Selatan pimpin rapat dengan para Kades se-Kecamatan Lambeda Selatan. (ist)

BORONG | patrolipost.com – Banyak desa di Kecamatan Lamba Leda Selatan tidak mempunyai peta wilayah. Peta wilayah menjadi penting dalam hal untuk mengetahui batas wilayah, potensi-potensi di desa serta ancaman berupa potensi bencana di desa-desa tersebut.

Hal itu disampaikan Camat Lamba Leda Selatan Alvianus YD Nengkos kepada para Kepala Desa (Kades) dalam rapat di Kantor Camat Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Senin (13/9/2021).

“Peta wilayah desa sangat penting untuk jadi pegangan kepala desa. Kalau kepala desa tidak memiliki peta wilayah, bagaimana bisa nantinya mengenal wilayah desanya. Oleh karena itu saya sangat tekankan untuk setiap desa mempunyai peta,” ungkap Camat Alvianus.

Lebih lanjut, Camat Alvianus menawarkan kepada para Kades untuk mengusahakan 5 jenis peta di desanya. Dia harapkan para kades siapkan anggaran dan bisa memesan untuk pembuatan peta melalui para pihak yang punya keahlian di bidang pemetaan.

“Silakan para kades menganggarkan untuk pembuatan peta tersebut. Hal ini penting, desa tanpa peta itu seperti berperang tanpa senjata,” kata Alvianus.

Alumni Teknik Pertambangan Universitas Nusa Cendana, Patrisia Agusta Jinorati ST menyampaikan pentingnya peta wilayah agar para kepala desa agar tidak bingung terhadap wilayah desanya. Dikatakan Patrisia, ada beberapa jenis peta yang harus dimiliki setiap desa, diantaranya peta administrasi, Peta tata ruang, peta lokasi rawan bencana dan peta geologi.

Peta administrasi merupakan persyaratan mutlak suatu desa, sehingga dengan jelas mengetahui batas administrasi desa yaitu batas desa dan wilayahnya. Peta tata ruang untuk mengetahui rencana tata ruang dari daerah pada desa tersebut. Sehingga menjadi bahan pertimbangan untuk pembagunan usaha atau apapun sesuai dengan fungsinya,” jelas Patrisia.

Lebih lanjut, Patricia menjelaskan jenis peta lain diantaranya Peta untuk mengetahui potensi bencana dan peta geologi untuk bisa mengetahui potensi-potensi bahan tambang yang terkandung di dalam tanah desa tersebut. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *