Dukung UHN I Gusti Bagus Sugriwa Menjadi WCU, Pemkab Bangli Hibahkan Lahan

menag
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas (tengah) didampingi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Artha Ardana Sukawati (dua dari kanan) dan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta saat penandatangan prasasti di kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Sabtu (11/9/2021). (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dicanangkan akan menjadi World Class University (WCU). Pencanangan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar menuju WCU digelar di kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Sabtu (11/9/2021) sekitar pukul 09.20 Wita. Sebagai dukungan untuk menjadikam WCU, Pemkab Bangli secara resmi hibahkan lahan seluas 5,9 hektare.

Acara pencanangan tersebut dihadiri langsung Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua PHDI Pusat, Wisnu Bawa Tenaya, Anggota DPR RI Kariasa Adnyana dan Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana.

Bacaan Lainnya

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan, dengan keberadaan UHN I Gusti Bagus Sugriwa di Bangli tentu sangat tepat. Hal tersebut karena Bangli adalah kabupaten dengan  pusat peradaban Bali Kuno dan puncak keemasan kerajaan Bali Kuno dengan salah satu rajanya yang terkenal yaitu Sri Aji Jaya Pangus dan permaisurinya seorang putri Cina Kang Cing We.

“Toleransi beragama sudah ada sejak itu. Jadi sangat tepat Kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa terpusat di Bangli,” ungkapnya.

Disebutkan pula keberadaannya menjadikan Bangli sebagai rujukan rumah moderasi beragama dan pusat Pendidikan Hindu Nusantara. Bupati asal Desa Sulahan Kecamatan Susut Bangli ini mengatakan dengan keberadaan Kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa di Bangli, sangat strategis dalam peningkatan indek pembangunan manusia di Kabupaten Bangli. Selain itu sebagai indikator keberhasilan pembangunan daerah.

“Keberadaan UHN I Gusti Bagus Sugriwa di Bangli diharapkan menjadi generator untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, melestarikan nilai-nilai agama, tradisi, adat dan budaya Bali khususnya bagi generasi muda,” ujar Politiisii PDIP ini.

Kata Bupati Sedana Arta, Bangli akan dijadikan Kota Pendidikan dan Kesehatan. Sebagai kesungguhan pemerintah Kabupaten Bangli dalam mendukung UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Pemkab menghibahkan tanah milik Kabupaten Bangli seluas 5,9 hektar. Lahan tersebut guna perluasan Kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa dan bisa mendukung pengembangan Kampus menuju WCU.

“Harapan kami ke depan Kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa tumbuh menjadi Universitas yang besar dan menjadi barometer Pendidikan Hindu di Nusantara bahkan di Dunia,” jelasnya.

Sedangkan Rektor Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana menjelaskan, setahun setelah peningkatan status menjadi Universitas Hindu UHN I Gusti Bagus Sugriwa terus berbenah untuk meningkatkan kualitas institusi dan sumberdaya manusia untuk mencanangkan UHN I Gusti Bagus Sugriwa menuju WCU. Untuk mendukung menjadikan UHN I Gusti Bagus Sugriwa menjadi WCU, pihaknya sudah melakukan berbagai usaha, diantaranya mengembangkan kampus dengan lahan yang luas dan representatif di Bangli.

“Kami juga mengembangkan berbagai fasilitas kampus dan program study umum, sekarang baru ada 3 fakultas. Kami sudah mengusulkan lagi 3 fakultas umum, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terwujud,” ungkapnya.

Ngurah Sudiana mengatakan, UHN I Gusti Bagus Sugriwa secara intens menerjemahkan program-program prioritas Kementerian Agama diantaranya, penguatan moderasi beragama, dan percepatan transportasi digital. Yang mana sudah ada 5.051 orang alumni kemudian 2.448 siswa yang aktif, mahasiswa baru ada 1.186, total mahasiswa  yang aktif 4.233 mahasiswa, jumlah tenaga dosen 283 orang, 12 Guru Besar, 69 bergelar Doktor 155 bergelar Magister dan ada 25 orang dosen tidak tetap, tenaga ASN sebanyak 80 orang, PTT 90 orang,

“Antusias Umat Hindu untuk Kuliah di UHN I Gusti Bagus Sugriwa sangat tinggi,” kata Ngurah Sudiana yang juga Ketua PHDI Bali ini.

Sementara itu, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli yang sudah menghibahkan tanah pemerintah kepada UHN I Gusti Bagus Sugriwa seluas 5,9 hektare demi terwujudnya Kota Bangli menjadi Kota Pendidikan, Yaqut Cholil Qoumas mengajak semua pihak untuk menjadikan UHN I Gusti Bagus Sugriwa ini menjadi WCU.

“Mari bersama- sama saling bersinergi demi memajukan UHN I Gusti Bagus Sugriwa ini untuk bisa membawa bangsa Indonesia yang berbudaya dan beragama di kancah Dunia,” ungkapmya.

Ditambahkan pula, pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama akan selalu mendukung dan memotivasi program-program yang bisa memajukan UHN I Gusti Bagus Sugriwa. Pencanangan UHN menjadi WCU adalah sebuah lompatan besar untuk semakin kompleks di dunia pendidikan yang memiliki beberapa makna.

“Mudah-mudahan dengan UHN I Gusti Bagus Sugriwa menuju WCU bisa menjadi pedoman antar umat beragama di Indonesia,” ucapnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.