Dinas PKP Bangli Gelotorkan Program Mina Padi

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
tebar benih
Penebaran benih ikan di Subak Babaan, Desa Tamanbali, Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Subak Babaan Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli dan Kelompok Winangun Sari Desa Demulih, Desa Demulih, Kecamatan Susut mendapat bantuan program mina padi dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli. Bantuan berupa benih ikan nila dan pakan.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma mengatakan, program mina padi bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan dan meningkatkan produktifitas lahan. Dalam program mina padi diterapkan dua komoditi yaitu padi dan ikan.

Bacaan Lainnya

Lanjut Kadis asal Desa /Kecamatan Tembuku ini, mina padi merupakan suatu teknik budidaya yang dilakukan dengan mengabungkan penanaman padi dan pemeliharaan ikan dalam satu lahan. Dalam program ini  pihaknya memberikan bantuan bibit ikan jenis nila dan pakan. Untuk satu penerima mendapat bibit ikan dengan size 5-7 Cm sebanyak 20 ribu ekor dan pakan 1,7 ton. “Tahun ini ada dua penerima yakni Subak Babaan Desa Tamanbali dan Kelompok Tani Winangun Sari, Desa Demulih, Susut,” ungkapnya, Jumat (10/9/2021).

Kata Wayan Sarma, bibit ikan ditebar ketika umur padi menginjak 1 minggu . Ikan akan dipanen dua minggu sebelum tanaman padi dipanen. “Untuk hasil panen ikan jadi milik subak atau kelompok tani, dan harapannya pola ini bisa berjalan secara berkesinambungan karena berdampak positif bagi petani,” jelasnya.

Beberbagai persyaratan harus dipenuhi untuk dapat mengakses program ini. Salah satu adalah ketersedian air dan memiliki kolam cadangan. ”Untuk memastikan agar program ini tepat sasaran, petugas sebelumnya melakukan survei dan evaluasi,” ungkapnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *