Ringankan Beban Sesepuh Pramuka di Klungkung, Kwarda Bali Serahkan Bantuan Sembako

bantuan pramuka
Ketua Kwarda Pramuka Bali I Made rentin serahkan bantuan sembako kepada sesepuh Pramuka Klungkung. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Kondisi perekonomian yang tidak kunjung membaik akibat pandemi Covid-19 menggugah empati dan kepedulian berbagai pihak untuk saling berbagi. Hal itu juga dilakukan Kwarda Pramuka Bali dengan menyerahkan bantuan kepada sesepuh Pramuka yang ada di Kwarcab Klungkung.

“Pada saat pandemi ini, selain terus berbakti kepada masyarakat, kita harus tetap bisa memperhatikan kondisi internal kita. Melayani masyarakat itu sudah kewajiban, itu harus terus dilaksanakan,” ujar Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin, saat menyerahkan bantuan kepada Kwarcab Klungkung, Kamis (9/9/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Rentin, di tengah-tengah pengabdian itu, Kwarda Bali mencoba untuk berbagi dengan sesama anggota Pramuka, khususnya kepada para sesepuh yang pada masanya sudah berjuang mengabdikan diri untuk nusa dan bangsa, sesuai slogan “Berbakti Tiada Henti”. Maka dari itu, Kwarda Bali menyerahkan beberapa paket sembako khusus untuk sesepuh pramuka yang ada di Kwarcab Klungkung.

“Selain menyerahkan bantuan, beberapa minggu terakhir, sebagai Ketua Kwarda Bali Saya telah melakukan roadshow ke beberapa Kwarcab untuk menerima keluh kesah, serta mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing Kwarcab,” jelas Rentin.

Disamping itu kegiatan ini juga dijadikan ajang untuk bersilaturahmi dengan para sesepuh Pramuka yang ada di masing-masing Kwartir Cabang.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Klungkung, yang sekaligus Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyampaikan apresiasi kepada Kwarda Bali, karena di tengah pandemi yang sedang memuncak, Kwarda Bali masih sempat memperhatikan anggota, khususnya para sesepuh. Ia berharap, Kwarda Bali tidak berhenti sampai di sini, tetapi harus terus berkesinambungan.

“Banyak hal yang harus diperbaiki, karena Klungkung adalah kabupaten termiskin di Bali, maka bantuan akan terus dibutuhkan. Tidak hanya kepada anggota Pramuka tetapi seluruh masyarakat Klungkung, khususnya yang terdampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menurut Sekretaris Kwarda Bali Nyoman Aryawan, acara Ketua Kwarda Bali di Klungkung, selain menyerahkan bantuan sebanyak 25 paket sembako juga menyerahkan Lencana Darma Bakti dari Kwarnas kepada salah satu andalan Pramuka Kwarcab Klungkung yaitu Ida Bagus Gede Ariada.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi sekaligus menyerahkan paket sembako kepada salah satu sesepuh Pramuka asal Klungkung yang sekarang sudah medwijati dan bergelar Ida Sira Empu Dharma Kumala.

Aryawan juga menjelaskan bahwa Ida Sira Empu Dharma Kumala semasa welaka, beliau bernama I Made Sujana SPd yang terakhir bertugas di SMPN 3 Dawan dan sudah mengabdikan hidupnya dari tahun 1980 – 2008 sebagai Pembina Pramuka. (zar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.