Tinjau TPA Sente, Bupati Berencana Pasang Kembali Instalasi Gas Metan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat mengunjungi TPA Sente, Desa Pikat. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Persoalan sampah masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi semua pemerintah kabupaten di Indonesia. Permasalahan itu juga terjadi di Kabupaten Klungkung. Untuk menangani persoalan sampah ini harus terus ditangani bersama-sama agar kedepannya Klungkung bisa benar-benar bersih dan terhindar dari masalah sampah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Rabu(8/9). Menurutnya Pemkab Klungkung kembali berencana memasang instalasi untuk menangkap gas metan yang dihasilkan oleh sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sente, Desa Pikat, Klungkung. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran yang kerap terjadi di TPA terbesar di Klungkung tersebut.

“Tiang-tiang untuk menangkap gas metan ini sudah ada, mudah-mudahan proses pengerjaannya nanti bisa berjalan lancar. Untuk penangkapan gas metan, mudah-mudahan pertengahan bulan ini akan dimulai pekerjaannya,” ujar Bupati Suwirta memastikan akan dikerjakan bulan ini.

Lebih jauh disebutkan , permasalahan sampah di Klungkung akan terus dipantau sehingga TPA Sente yang sebelumnya dipenuhi dengan sampah, lambat laun hanya dimasuki oleh risidu saja.

“Permasalah sampah di Kabupaten Klungkung harus terus ditangani bersama agar kedepannya Klungkung bisa benar-benar bersih dan terhindar dari sampah,” tegas Suwirta.

Persoalan rencana pemasangan instalasi Gas Metan ini mecuat saat Bupati Suwirta meninjau TPA Sente di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Senin (6/9) lalu.

Saat di lokasi, Bupati Suwirta mengatakan permasalahan sampah di Klungkung akan terus dipantau sehingga TPA Sente yang sebelumnya dipenuhi dengan sampah, lambat laun hanya dimasuki oleh risidu saja. Untuk penangkapan gas metan, mudah-mudahan pertengahan bulan ini akan dimulai pekerjaannya. Bupati juga menugaskan Kadis LHP dan jajaran agar terus memantau TPA Sente dan TOSS Center dengan sebaik-baiknya.

“Jadi tiang-tiang untuk menangkap gas metan ini sudah ada, mudah-mudahan proses pengerjaannya nanti bisa berjalan lancar,” ujar Bupati Suwirta saat itu.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya agar di TPA Sente tidak ada lagi sampah plastik-plastik. Bupati langsung menugaskan satgas dan petugas Koperasi Gema Nadi Lestari untuk mengambil sampah plastik ini, kalau nanti ini dibiarkan takutnya lari kemana-mana. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *