Wujudkan Herd Immunity, Polsek Abiansemal Kawal Vaksinasi Penyandang Disabilitas

Kapolsek Abiansemal pantau vaksinasi untuk warga penyandang disabilitas. (ist)

MANGUPURA | patrolipost.com – Polres Badung dan Polsek jajaran terus menggelar vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat melalui Gerai Vaksinasi Presisi dari Mei sampai September 2021. Minggu kedua September, selain vaksinasi untuk warga tercecer, sasaran berikutnya adalah penyandang disabilitas.

“Selain mengawal pelaksanaan vaksinasi yang diadakan Pemkab, Polres Badung juga membuka Gerai Vaksinasi Presisi sejak Mei hingga September. Tujuannya untuk mendukung percepatan vaksinasi sebagai upaya mewujudkan Herd Immunity Nasional dalam mengatasi pandemi Covid-19,” ujar Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes SIK SH MH.

Bacaan Lainnya

Pemkab Badung tercatat sebagai kabupaten dengan capaian tertinggi vaksinasi nasional hingga Juni 2021 lalu. Diawali vaksinasi untuk pelayan publik, tenaga kesehatan, pekerja sektor pariwisata, lansia dan selanjutnya menyasar masyarakat umum, capaian vaksinasi Kabupaten Badung pada Juni 2021 sebesar 91,98 persen.

Berdasarkan data Kemenkes RI sampai 20 Juni 2021 capaian harian untuk vaksinasi dosis I di Badung sudah mencapai 352.716 orang, sedangkan untuk vaksin dosis II sebanyak 200.521 orang. Capaian vaksinasi Badung tertinggi di Bali, menyusul Kota Denpasar dengan capaian harian dosis I sebanyak 323.685 orang dan capaian dosis II sebanyak 166.424 orang.

Bahkan menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr Nyoman Gunarta, dua kecamatan, yaitu Kuta dan Kuta Selatan bahkan sudah tuntas vaksin kedua, dan empat kecamatan baru dosis pertama.

Setelah pelaksanaan vaksinasi anak usia 12-17 tahun dan ibu hamil sejak Juli, selanjutnya Pemkab Badung menyasar vaksinasi untuk penyandang disabilitas di seluruh wilayah Badung di bulan Agustus. Vaksinasi dilaksanakan oleh Puskesmas bersama Satgas Gotong-royong, pihak Kepolisian dan TNI. Petugas melaksanakan vaksinasi dengan mendatangi rumah penyandang disabilitas (door to door).

Di Kecamatan Abiansemal, vaksinasi bagi penyandang disabilitas dilaksanakan, Senin (6/9/2021) pagi. Sedikitnya 11 warga penyandang disabilitas dikunjungi vaksinator Puskesmas Pembantu (Pustu) Sibanggede bersama personel Polsek Abiansemal.

Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Agus Susanto SH MH saat memantau pelaksanaan vaksinasi bagi penyandang disabilitas warga Desa Sibanggede menjelaskan, petugas kesehatan sengaja mendatangi rumah warga disabilitas untuk mempermudah warga yang memiliki keterbatasan mendapat layanan vaksinasi.

“Hari ini vaksinasi bagi penyandang disabilitas dilakukan dengan cara door to door ke rumah warga agar warga yang memiliki keterbatasan dapat divaksinasi,” ungkap Kompol Ruli.

Petugas kesehatan dari Pustu Sibanggede menargetkan 11 warga yang melaksanakan vaksinasi, namun hanya 9 warga yang bisa divaksin, sebab 2 warga masih tertunda karena tekanan darahnya masih tinggi. Jenis vaksin yang digunakan untuk penyandang disabilitas adalah vaksin dari Sinoparm.

“Pelaksanaan vaksin hari ini berjalan lancar. Selama proses vaksinasi, kita melakukan pengawasan ketat, baik terhadap petugas kesehatan maupun warga agar disiplin menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes),” tukas Kompol Ruli. (zar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.