Pandemi Covid-19, Masyarakat Kota Denpasar Diimbau Lakukan Banyu Pinaruh di Rumah

Bendesa Madya Desa Adat Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Hari Suci Banyu Pinaruh merupakan upacara yadnya untuk pembersihan dan kesucian diri dilakukan setelah Hari Raya Saraswati yang jatuh pada Minggu  (29/8/2021) mendatang. Berkaitan dengan pelaksanaannya di masa pandemi, masyarakat Kota Denpasar diimbau untuk tidak berduyun duyun datang ke pantai.

“Kami mengimbau masyarakat Kota Denpasar tidak berbondong-bondong ke pantai untuk melaksanakan pembersihan, melainkan ngayat melaksanakan di rumah masing-masing,” ujar Bendesa Madya Desa Adat Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana, Jumat (27/8/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dijelaskan, hingga saat ini Kota Denpasar khususnya pesisir yakni Sanur dan Serangan masih terjadi penularan Covid-19. Terlebih saat ini penerapan PPKM Level 4 masih dilaksanakan. Sehingga menjadikan objek wisata pantai di Kota Denpasar termasuk di wilayah Sanur dan Serangan masih ditutup untuk umum.

“Kawasan pantai sebagai salah satu tempat wisata di seluruh Kota Denpasar, khususnya di Sanur dan Serangan saat ini masih ditutup untuk umum, sehingga masyarakat diharapkan melaksanakan pembersihan atau pengelukatan Banyu Pinaruh dari rumah masing-masing,” jelasnya.

Sudiana berharap masyarakat dapat memaklumi kondisi ini. Dimana kebijakan ini tak lain untuk kebaikan bersama dalam memutus penyebaran guna percepatan penanganan Covid-19, Protokol Kesehatan harus tetap dijalankan.

“Jadi masyarakat Kota Denpasar yang sebagaimana sebelumnya biasa melaksanakan pengelukatan di pantai, untuk kali ini kami mengajak masyarakat untuk melaksanakan pengelukatan dari rumah masing-masing. Atas kondisi ini kami berharap permakluman untuk kebaikan kita bersama dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19 ini,” harap Sudiana.

Adapun saat pelaksanaan Hari Suci Saraswati dan Banyu Pinaruh akan disiagakan Tim Gabungan yang terdiri atas Pecalang, TNI/Polri dan Sat Pol PP untuk menjaga pintu pintu masuk menuju kawasan pantai. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.