Serap Anggaran Rp 1,4 Miliar, Ruas Jalan Tamanbali-Guliang Kangin Diperlebar

Kondisi ruas Jalan Tamanbali-Guliang Kangin. (sam)

BANGLI | patrolipost.com – Sebagian jalur alternatif menuju wilayah Tulikup Gianyar, ruas jalan Tamanbali-Guliang Kangin, Desa Tamanbali, Bangli  akan diperlebar lagi. Kegiatan pelebaran jalan tersebut diplot anggaran Rp 1,4 miliar.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan  Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim), I Wayan Lega Suprapta mengatakan, memang pada APBD Perubahan telah dirancang kegiatan untuk pelebaran ruas jalan Tamanbali-Guliang Kangin.

Bacaan Lainnya

Menurut Kabid asal Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani ini, jalur tersebut tergolong padat karena menghubungkan dengan Kabupaten Gianyar.

Lebar jalan berstatus kabupaten tersebut sekitar 3,5 meter sehingga praktis jika  ada kendaraan besar melintas  dari arah berlawanan, salah satu kendaraan harus menepi sampai melewati bahu jalan.

“Jalan tersebut panjangnya sekitar 1,5 Km  dan akan diperlebar sekitar 80 cm lagi ,” jelasnya, Selasa (24/8/2021).

Anggaran untuk pelebaran jalan alternatif tersebut bersumber dari Dana Insentif Daerah (DED) sebesar Rp 1,4 miliar. ”Bulan depan sudah masuk ULP dan Oktober sudah ada pemenangnya, sehingga akhir Desember pengerjaan sudah tuntas,” sebutnya.

Selain pelebaran jalan pada APBD Perubahan juga dirancang kegiatan pengaspalan untuk ruas Jalan Yeh Panes Penegtegan yang merupakan jalur alternatif menuju Pura Ulun Danu Desa Songan, Kecamatan Kintamani.

”Anggaran diambil dari dana silpa sebesar Rp 1,1 miliar,” kata Lega Suprapta.

Disamping itu ada juga kegiatan anggaran di bawah Rp 200 juta meliputi  rehabilitasi saluaran drainase dan lapen di Jalan Rajawali, tepatnya samping RSU Bangli dengan anggaran Rp 190 juta, pelebaran jembatan Siladan- Sidawa, Desa Tamanbali dengan anggaran Rp 200 juta serta rehabiltasi Jalan Danau Petapan Batur dengan anggaran Rp 90 juta. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.