Terima Lencana Dharma Bakti, Dewa Indra: Pramuka Harus Siap di Segala Kondisi

Penyerahan penghargaan Lencana Dharma Bakti kepada Dewa Made Indra (kiri) dan I Made Rentin (kanan) di Gedung Kwarda Bali, Sabtu (21/8/2021). (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Sekretaris Majelis Pembina Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali Dewa Made Indra, dan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin menerima penghargaan bergengsi dari Kwartir Nasional, yaitu Lencana Dharma Bakti. Penyerahan penghargaan itu dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, di Gedung Kwarda Bali, Sabtu (21/8/2021).

Lencana ini merupakan penghargaan atas kiprahnya yang sudah menyumbangkan pikiran, perbuatan, pengabdian dan kemajuan bagi gerakan pramuka.

Bacaan Lainnya

Menurut Dewa Indra, penghargaan tersebut bukan hanya simbolis semata, melainkan suatu bentuk tanggung jawab besar dalam meningkatkan pengabdian diri bagi kemajuan gerakan Pramuka terlebih pengabdian untuk masyarakat.

“Menjadi seorang Pramuka harus siap di segala situasi dan medan, harus mampu mencari solusi dari setiap masalah, berbekal nilai-nilai dasar Pramuka maka kita sebagai Pramuka wajib memberikan contoh baik kepada masyarakat,” tutur Dewa Indra.

Dewa Indra juga menekankan bahwa sesuai dengan arahan Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka Presiden Joko Widodo, diharapkan Pramuka harus melaksanakan dua hal yaitu Disiplin Nasional dan Kepedulian Nasional.

“Terlebih di situasi pandemi saat ini, Pramuka dapat menjadi garda terdepan dalam penerapan disiplin Protokol Kesehatan, sebagai motor penggerak dalam kepedulian terhadap sesama, sehingga Pramuka dapat membantu pemerintah untuk ikut hadir ditengah masyarakat dalam upaya memutus rantai pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu di era 4.0 yang serba digital saat ini, ia berharap Pramuka  mampu menyesuaikan diri, dengan mengikuti perkembangan teknologi untuk kemajuan gerakan Pramuka.

Perintah Provinsi Bali juga mendukung semua program Pramuka khususnya program yang berkaitan dengan kepedulian terhadap masyarakat, dan ke depannya program-program Pramuka Bali diharapkan mampu berpartisipasi aktif sebagai garda terdepan dalam mewujudkan Visi Pemerintah Provinsi Bali.

Sementara itu, I Made Rentin mengatakan, kegiatan penyerahan penghargaan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hati Pramuka ke-60. Untuk itu, diserahkan tiga jenis lencana diantaranya Lencana Melati, Dharma Bakti dan Karya Bakti kepada anggota Pramuka yang berasal dari Kwarcab Kab/Kota se-Bali dan Kwarda Bali.

“Mari jadikan penghargaan ini sebagai pemantik semangat kita dalam mendarma baktikan diri untuk gerakan Pramuka dan masyarakat, terlebih dalam upaya memutus rantai Covid-19 sehingga dengan bergerak bersama pandemi ini akan cepat berlalu,” pungkas Made Rentin. (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.