Relokasi Pedagang Pasar Singamandawa Diplot Anggaran Rp 1 Miliar

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Bangli I Wayan Gunawan. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Pembangunan Pasar Singamandawa, Kintamani direncanakan dilaksanakan tahun 2022. Sebagai  persiapan disediakan anggaran Rp 1 miliar untuk relokasi ratusan pedagang.

Demikian pula untuk Pasar Kayumabua yang rencananya akan dilakukan penataan, untuk relokasi pedagang diplot anggaran Rp 200 juta. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangli, I Wayan Gunawan, Kamis (12/8/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Wayan Gunawan, untuk tahun 2022 Pemkab Bangli berencana untuk melakukan pembangunan Pasar Singamandawa, Kecamatan Kintamani dan penataan Pasar Kayuambua, Kecamatan Susut. Sebelum kegiatan  pembangunan dan penataan pasar  berlangsung tentu harus disiapkan tempat relokasi sementara bagi pedagang.

“Pada APBD Perubahan sudah diplot anggaran untuk relokasi pedagang,” ujarnya, Kamis (12/8/2021).

Untuk relokasi pedagang Pasar Singamandawa disediakan anggaran Rp 1 miliar dan untuk Pasar Kayuambua Rp 200 juta. Disinggung tempat relokasi, kata Wayan Gunawan, untuk pedagang Pasar Singamandawa yakni di seputaran pasar. Sementara untuk pedagang Pasar Kayuambua memanfaatkan pasar hewan.

“Kami sudah berkordinasi dengan Dinas PKP terkait pemanfaatan areal pasar hewan untuk tempat relokasi sementara pedagang,” kata Kadis asal Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku ini.

Kata Wayan Gunawan, rancang bangun Pasar Singandawa berlantai II dan dibutuhkan anggaran puluhan miliar.  Dengan dilakukan revitalisasi nanti mampu mengatasi kesemrawutan pasar terbesar di Kintamani tersebut.  Sementara untuk penataan depan Pasar Kayumabua diplot anggaran Rp 5 miliar.

Disamping itu pemerintah juga akan mengalokasikan anggaran Rp 200 juta untuk perbaikan Pasar Kidul Bangli. “Apa yang dilakukan pemerintah tiada lain untuk memberikan rasa nyaman baik pedagang dan pengunjung pasar dengan harapan akan dibarengi dengan peningkatan PAD dari retribusi pasar,” jelas Wayan Gunawan. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.