Danrem Lepas Napak Tilas Manuver Gusti Ngurah Rai

Pemuda Panca Marga Bali
Komandan Korem 163/Wira Satya, Kolonel Arh AM Suharyadi, SIP, MSi, melepas kegiatan napak tilas sejarah perjuangan sosok pahlawan Nasional asal Bali, Brigjen TNI (anumerta) I Gusti Ngurah Rai

DENPASAR | patrolipost.com – Bertempat di halaman depan Makorem 163/Wira Satya, Denpasar, Senin (11/11/2019) pagi, Komandan Korem 163/Wira Satya, Kolonel Arh AM Suharyadi, SIP, MSi, melepas kegiatan napak tilas sejarah perjuangan sosok pahlawan Nasional asal Bali, Brigjen TNI (anumerta) I Gusti Ngurah Rai, saat melawan agresi kaum penjajah di wilayah Bali.

Turut serts mendampingi Danrem saat upacara pelepasan satu regu pasukan Pemuda Panca Marga (PPM) Bali yang membawa panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai, antara lain para Perwira Staf dan Kapenrem 163/Wira Satya, Mayor Arm IB Putu Diana Sukertia, SS, Ketua PD PPM Bali, Dr I Made Gede Putra Wijaya, SH, MSi, dan sejumlah pengurus PPM Bali lainnya.

Bacaan Lainnya

“Masih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, kebetulan ada pahlawan nasional asal Bali, yaitu I Gusti Ngurah Rai. Kali ini kita mengenang kembali jasa-jasanya termasuk kegiatan napak tilas perjuangan beliau (I Gusti Nguarh Rai, red) yang turut memperjuangkan sekaligus mempertahankan kemerdekaan Indonesia dalam mengusir agresi para penjajah di Bali,” ujar Danrem.

Makna dari kegiatan tersebut dalam masa kekinian, kata Danrem, adalah bagaimana bisa menjadi pahlawan dalam mengisi pembangunan dan melaksanakan proses pembangunan tersebut. “Jadi, pada momentum kali ini mari kita wujudkan untuk menjadi pahlawan masa kini, pahlawan yang selalu berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” kata Danrem.

“Mari kita menjadi pahlawan yang berani melawan kebodohan dan ketidak-jujuran, serta pahlawan yang berani menangkal radikalisme juga turut memperjuangkan NKRI,” ajak Danrem. Ketua PPM Bali, Putra Wijaya, menambahkan, pihaknya mengerahkan sekitar 75 personel PPM Bali untuk mengarak panji-panji I Gusti Ngurah Rai, dari Makorem 163/Wira Satya menuju Jembrana.

Selasa (12/11/2019) ke Singaraja, Rabu (13/11/2019) ke Karangasem, Kamis (14/11/2019) di Klungkung, Jumat (15/11/2019) diarak di Bangli, Sabtu (16/11/2019) di Gianyar, Minggu (17/11/2019) di Denpasar, Senin (18/11/2019) di Badung, Selasa (19/11/2019) tiba di Tabanan, dan Selasa (20/11/2019) puncak kegiatan akan dilakukan upacara peringatan Hari Puputan Margarana.

“Kegiatan ini rutin setiap tahun oleh PPM Bali sebagai upaya untuk menyosialisasikan semangat nilai-nilai kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai, seperti pantang menyerah, rela berkorban, patriotisme, solider, dan sebagainya,” kata Putra Wijaya. Acara pendukung antara lain bakti sosial, pengobatan gratis, sarasehan, hiburan, dan pemutaran film I Gusti Ngurah Rai. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.