Puncak Dies Natalis ke 19 ITB STIKOM Bali Torehkan Berbagai Capain

Perayaan Dies Natalis ke 19, ITB STIKOM Bali.

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti (induk STIKOM Bali) Prof. Dr. I Made Bandem, MA mengatakan, HUT ke 19 ITB STIKOM Bali yang dirayakan di tengah situasi pandemi, tetap ada hikmahmya. Disebutkan, ada pelajaran yang bisa dipetik dari pandemi ini, yakni kebersatuan, fleksibilitas dan kreativitas di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terbukti mampu membuat roda kehidupan berputar. Contohnya, mempercepat pembuatan oksigen dan vaksin Covid-19, kemudian teknologi e-commerce, dan lain sebagainya. Inilah yang dilakukan ITB STIKOM Bali sehingga berhasil meraih prestasi puncak yang luar biasa.

“Saya mengapresiasi Rektor Dadang Hermawan yang mampu membawa ITB STIKOM Bali menjadi kampus IT nomor satu di Bali Nusra,” kata  Prof. Made Bandem, dalam sambutannya di acara puncak Dies Natalis ITB STIKOM Bali, Selasa (10/8/2021) di aula setempat. Dies Natalis di tengah situasi pandemi covid 19 membawa kita ke dalam suasana perayaan yang sederhana dan terbatas.

Sementara itu Rektor ITB STIKOM Bali, Dr Dadang Hermawan dalam kesempatan ini juga menyampaikan, di usia satu tahun menjelang dwidasawarsa ini, eksistensi ITB STIKOM Bali telah diakui oleh berbagai kalangan dan lapisan masyarakat, baik instansi pemerintah maupun swasta, bisnis maupun sosial, masyarakat biasa maupun tertentu, lokal, nasional maupun internasional.

“Pada hari yang berbahagia ini, perkenankan kami untuk menyampaikan sejumlah pencapaian Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali mulai Agustus 2020 hingga Juli 2021,” tuturnya.

Berbagai capain yang dimaksud Rektor Dadang Hermawan seperti; Saat ini jumlah mahasiswa baru ITB STIKOM Bali angkatan 2021 yang sudah registrasi sejumlah 1.080 orang (naik 2% dari tahun lalu dalam waktu yang sama) yang 86 % nya merupakan putera/i daerah Bali, sedangkan sisanya datang dari hampir 33 provinsi yang ada di Indonesia bahkan dari luar negeri. Sedangkan jumlah alumni sampai dengan wisuda 27 sebanyak 7.348 orang ditambah calon wisuda 28 nanti  kurang lebih 570 calon wisudawan, yang telah bekerja dan berwirausaha di berbagai bidang/sektor baik pemerintah (PNS,TNI,POLRI,BUMN/D) maupun swasta di dalam maupun di luar negeri.

“Di tahun ini ITB STIKOM Bali masuk rangking 117 Nasional dari 4.593 Perguruan Tinggi se-Indonesia dan menjadi Kampus terpopuler   No. 1 dari 161 PTS di Bali Nusra berdasarkan Webometrics Rangking of World Universities,” katanya bangga.

ITB STIKOM juga terus memperpanjang kerjasama dengan PT Microsoft Indonesia terutama dalam penggunaan software asli secara nyaman dan aman bagi para sivitas akademika dengan menandatangani Microsoft Campus Agreement yang ke 16 kalinya pada tahun 2021.

“Demi menjaga kualitas penjaminan mutu, sejak 15 tahun yang lalu, kita  telah melaksanakan Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang telah tersertifikasi secara internasional melalui sertifikasi ISO 9001-2000, 9001-2008 dan saat ini 9001-2015,” imbuhnya.

Salah satu tugas dari bagian penjaminan mutu adalah melaksanakan survey kepuasan mahasiswa disamping kepuasan alumni, orang tua, dunia usaha, dosen dan tenaga kependidikan. Kepuasan mahasiswa atau costumer satisfaction indeks (csi) semester genap tahun ajaran 2020/2021 adalah 76,56 %  meningkat dari  semester sebelumnya yakni 74,59 % Saat ini STIKOM Bali bermitra dengan TUV Rheiland Germany untuk tetap menjaga kualitas mutu keseluruhan proses pendidikan, tri darma, serta proses administrasi dan layanan akademik.

“ITB STIKOM Bali kini telah memiliki dua Fakultas yakni Fakultas Informatika dan Komputer dengan tiga Program Studi serta Fakultas Bisnis dan Vokasi dengan dua Program Studi,” ucap Dadang Hermawan.

Selain itu, ada juga kelas internasional atas kerjasama ITB STIKOM Bali dengan salah satu universitas asing, yakni HELP University. Manfaat yang telah dinikmati oleh para mahasiswa adalah mendapatkan dua gelar sekaligus yakni Sarjana Komputer dan Bachelor of IT. Para mahasiswa yang saat ini sedang belajar ada sekitar 107 orang yang berasal dari Indonesia maupun asing dengan jumlah alumni kurang lebih 150 orang. Pogram dua gelar dengan Binus University Jakarta dan yang terbaru adalah kerjasama dengan DNUI (Dalian Neusoft University of Information) China dimana 8 orang mahasiswa reguler kita diterima untuk kuliah secara daring dalam rangka program pertukaran mahasiswa merdeka internasional dengan perolehan hibah sebesar Rp. 152 juta (untuk uang saku, buku dan biaya kuliah 1 semester). (6) Ada lagi terobosan kerjasama yang dilakukan yakni Program Internship atau magang secara daring dengan Lithan EduClass Singapore yang dikaitkan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Perlu kami uraikan pada kesempatan yang berbahagia ini bahwa program kerjasama dengan Singapura ini baru saja ditandatangani kemarin siang yang akan membuka program kuliah sambil magang, dimana para mahasiswa akan disalurkan magang pada tahun kedua sampai dengan tahun keempat dengan mendapatkan uang saku sampai dengan Rp. 100 juta per 3 tahun atau 33 juta per tahun atau sekitar Rp. 2.750.000,00 per bulan dan biaya kuliah ditanggung oleh perusahaan tempat magang. Ada 2.000 an perusahaan berskala internasional yang berkantor di Singapura telah siap menerima magang online dari seluruh mahasiswa ITB STIKOM Bali.

“Saat ini, kita telah melakukan peninjauan kurikulum dan akan menerapkan kurikulum baru pada Tahun Ajaran 2020/2021 dengan Outcome Based Education (OBE) dan mengakomodasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebagai informasi, kami juga akan membuka beberapa program studi baru yakni Program Studi Strata 1 Data Science (S1), Cyber Security & Forensics (S1), Alih Jenjang dari Program Studi D3 ke Diploma 4 (empat) serta Program S2 Megister Sistem Informasi,” urainya.

ITB STIKOM Bali juga selalu mempersiapkan dan berupaya untuk dapat memiliki sumber daya manusia yang terbaik. Para Dosen dan staf non Dosen ITB STIKOM Bali terus didorong untuk selalu berwawasan global, baik dengan mengikuti seminar internasional, maupun dengan melaksanakan studi banding ke beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Saat ini ada 94 orang dosen yang sudah sertifikasi dosen, 11 orang dosen yang bergelar doktor dan 21 orang dosen yang sedang studi lanjut S3 di dalan negeri maupun di luar negeri  dan di tahun 2021 ini ada 9 Kelompok Dosen  telah  mendaftarkan  Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk Hak Cipta dan Karyanya .

“Capaian untuk bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali di sepanjang tahun 2020-2021 ini telah mendanai 117 peneliti untuk melaksanakan Penelitian Internal di berbagai bidang ilmu. Sejumlah 62 penelitian telah berhasil dilaksanakan dan telah selesai pelaporannya pada bulan Maret 2021, sementara 55 penelitian sedang berlangsung di tahun 2021 ini.

“Kampus telah mengalokasikan lebih dari Satu Milyar Rupiah untuk mendanai keseluruhan penelitian internal ini. Selain penelitian, ada juga sejumlah 38 kegiatan Pengabdian Masyarakat Internal yang didanai ITB STIKOM Bali hingga 200 juta rupiah. Kegiatan ini telah dilaksanakan secara lengkap oleh dosen STIKOM Bali kepada Mitra masyarakat yang tersebar di berbagai wilayah di Bali,” ungkap Dadang Hermawan.

Tidak berhenti di lingkup internal, ITB STIKOM Bali juga telah memenangkan 6 Program Kemitraan Masyarakat Ristekdikti selama periode 2020-2021 ini, di mana dua di antaranya serta satu PPUD multi tahun telah selesai dilaksanakan di tahun 2020. Sementara itu, dua PkM masih dilaksanakan tahun 2021, serta satu lagi yang merupakan keikutsertaan diseminasi hasil penelitian, yakni Ideathon Bali Kembali, atas prakarsa Kemendikbud bekerja sama dengan BNPB dengan dana hibah yang diperoleh sebasar Rp. 60.000.000 dan juga penelitian yang dilakukan dengan PT Telkom Indonesia dengan hibah sebesar Rp. 95.000.000.

Terobosan baru lainnya adalah giat Desa Binaan, di mana telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Desa Binaan di Desa Kenderan Tegallalang Gianyar, serta yang masih berlangsung adalah kegiatan Penelitian yang dilaksanakan oleh tiga dosen peneliti ITB STIKOM Bali. Kegiatan Desa Binaan ini akan masih tetap dilaksanakan selama lima tahun ke depan di mana akan dipilih 6 Desa Binaan yang menjadi konsentrasi pelaksanaan Pengabdian Masyarakat, yakni Kenderan-Gianyar, Lalang Linggah-Tabanan, Bengkala-Buleleng, Pelaga-Badung, Paksebali-Klungkung dan Bukit-Karangasem sehingga tujuan untuk mengoptimalkan manfaat yang diterima oleh Mitra Pengabdian dapat tercapai secara efektif. (10) Atas dukungan dan persetujuan Yayasan Widya Dharma Shanti, dalam kurun waktu  8 tahun ITB STIKOM Bali  telah memberikan beasiswa kepada tidak kurang dari 738 mahasiswa dengan taraf ekonomi kecil dan menengah dengan jumlah beasiswa sebesar 7 milyard rupiah. Beasiswa tersebut diberikan kepada krama Bali yang berasal dari 9 kabupaten/kota se Bali (95%) dan beberapa orang dari luar Bali (5%).

Selain beasiswa internal ITB STIKOM Bali, mahasiswa juga mendapatkan beasiswa dari pihak eksternal pemerintah melalui bidikmisi/kip kuliah/bantuan UKT  kurang lebih sebesar Rp. 483 juta, yang diberikan kepada 296 mahasiswa

Saat ini ITB STIKOM Bali sudah menerapakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kemenristekdikbud pada Tahun 2020, saat ini jumlah mahasiswa ITB STIKOM Bali yang lolos  dan akan mengikuti Program pertukaran Pelajar Outbond tahun 2021 sebanyak 20 Mahasiswa dan Program Inbond 20 Mahasiswa dengan dana dari ditjen Dikti sebesar Rp. 248 juta (UKT, uang saku, uang kos, tiket pswt pp, uang pcr pp)  selain itu ada juga mahasiswa yang  lolos dan mengikuti Program Kampus Mengajar Tahun 2020-2021 sebanyak 8 Mahasiswa dengan dana hibah yang diperoleh sebesar Rp. 24.800.000,00 (uang saku dan UKT) dan juga ada yang lolos dan mengikuti Program Studi Independent sebanyak 10 Mahasiswa serta 3 Mahasiswa lolos dan mengikuti program Magang MBKM, perolehan dana hibah untuk mahasiswa  sebasar Rp. 104.000.000,00

Tahun 2020/21 ITB STIKOM Bali juga sudah menerapkan  Program Pertukaran Pelajar Mandiri Perguruan Tinggi  bekerjasama dengan STT Bandung  dengan jumlah 40 Mahasiswa yang sudah mengikuti program tersebut dan program ini akan berlanjut pada Semester Ganjil Mendatang. Selain program tersebut ITB STIKOM Bali juga sudah mengimplementasikan program magang industri bekerjasama dengan BUMN ( Pengadaian dan BMKG Provinsi ) yang diikuti 4 orang mahasiswa.

“Terkait perolehan prestasi mahasiswa dimasa pandemi pada bidang olahraga, seni dan teknologi untuk tingkat nasional seperti Nasional Cyber/CTF, ARUBALIMPIC, Web Design Competation, Accounting Festival/LKTIN, e-sport dan bela diri Muay Thai akan terus ditingkatkan terbukti keikutsertaan tim OASIS STIKOM Bali dalam bidang Kontes Robot Indonesia (KRI ) yang saat ini sudah lolos seleksi ditingkat wilayah selanjutnya sedang dilakukan penilaian tingkat nasional,” sambungnya.

Prestasi bidang TRI DHARMA khususnya bidang pengabdian kepada masyarakat (PKM) mahasiswa lolos  pada Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dan Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D)  dari  kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemdikbud) republik indonesia dengan total Rp 75 Juta Rupiah.

Sampai saat ini dijelaskan Dadang Hermawan,  ITB STIKOM Bali telah bekerjasama  dengan 189 Mitra dari kalangan  Pemerintah, BUMN, Industri, dan  Perbankan diantaranya Kerjasama dengan  Kementerian Komunikasi dan informatika dengan bentuk Vocation School Graduate Academi (VSGA) melalui skema Junior Web Developer (JWD) saat ini terselenggara 1 kelas ; Program Akselerasi  Kerjasama Perguruan Tinggi dengan DUDI melalui  Platform  Kedaireka  ITB STIKOM Bali sudah berhasil menyusun proposal kerjasama dengan BMKG dan  Bamboomedia dengan dana hibah yang diperoleh Rp. 492.000.000 (untuk 2 program); Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Satu Pintu  Kab.Badung dengan dana Rp. 200 juta dan Dinas Perijinan Penanaman Modal Satu Pintu Propinsi Bali Rp. 200 juta; serta Pada tahun 2020 ITB STIKOM Bali juga lolos Program  Hibah Detasering dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan dana hibah sebesar Rp. 123 juta dan pada bulan Juli 2021 ITB STIKOM Bali mendapatkan kepercayaan dari pemerintah dalam hal ini Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan sebagai Perguruan Tinggi Pendamping Program  Keunggulan SMK-PK dengan dana sebesar Rp. 108 juta

“ITB STIKOM Bali juga memiliki bagian Inkubator Bisnis, Inkubator Bisnis STIKOM Bali, Unit Unggulan Membentuk Calon Technopreneur Masa Depan Bentukan Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali,” ujarnya.

Inkubator bisnis STIKOM Bali sebagai salah satu penggerak dalam pengembangan ekosistem usaha di Bali sudah banyak berkontribusi dalam pengembangan usaha-usaha rintisan berbasis teknologi informasi. Program pendampingan yang dilaksanakan dirancang sedemikian rupa dari tahap pra-inkubasi, inkubasi, hingga pasca inkubasi sehingga mampu memberikan pelayanan sesuai fase pengembangan usaha peserta.

Selama masa awal pandemi di tahun 2021, INBIS STIKOM Bali membina 3 tenant dimana salah satu dari 3 tenant ini berhasil mendapatkan bantuan pengembangan usaha melalui skema StartUp Inovasi Indonesia sebesar Rp 276,064,000. Tahun 2021 inkubator bisnis STIKOM Bali juga melaksanakan pendampingan pra-inkubasi untuk 6 kelompok usaha mahasiswa dimana 4 kelompok mahasiswa berhasil mendapatkan bantuan pengembangan usaha untuk usaha mahasiswa dengan total Rp. 86,500,000 melalui program wirausaha mahasiswa Indonesia (PWMI) 2021. Prestasi oleh INBIS STIKOM Bali ini mampu membawa dan mengharumkan nama ITB STIKOM Bali ke kancah nasional dengan penerima bantuan usaha terbanyak untuk kampus swasta di Indonesia Timur.

“Setelah kami total, maka perolehan hibah dan proyek  dari pemerintah dan  BUMN yang diperoleh selama satu tahun yakni dari Agustus 2020 sampai dengan Juli 2021 adalah sebesar Rp. 2.727.966.300,00 yang semua didistribusikan kepada Dosen sekitar  39 %, Lembaga 1 % dan Mahasiswa 60 %

Dalam menyemarakan kegiatan perayaan dies natalis ke 19  ini  telah dilaksankaan juga kegiatan “Berbagai Kasih ITB STIKOM Bali Peduli” kepada masyarakat yang terdampak secara tidak langsung dalam bentuk pembagian sembako,  pembagian masker dan hand sanitizer serta 1500 nasi bungkus  yang disebar di 8 titik lokasi wilayah Denpasar serta Kegiatan Sosial Donor Darah di Kampus ITB STIKOM Bali.

“Barusan kita berbagi dengan sekitar 50 orang tenaga pengamanan dan cleaning servis berupa pembagian paket sembako,” pungkasnya. (*/wie)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.