Majukan Pariwisata dan Ekraf NTT, BPOLBF Jaring 10 Finalis  Ideathon #RinduLabuanBajo  

Majukan Pariwisata dan Ekraf NTT, BPOLBF Jaring 10 Finalis  Ideathon #RinduLabuanBajo  

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina  optimistis  10 finalis  yang terjaring dalam Program Ideathon #RinduLabuanBajo akan melahirkan  ide-ide kreatif dan inovatif untuk menjadi prototipe atau model pengembangan industri  pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf)  di Labuan Bajo,  Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ke-10 finalis Program Ideathon #RinduLabuanBajo adalah Ampyang Lempu,  Batares, Comohook.  Ecofloresta, Flobamorata, Floratama Camp,  KalaNusa,  Kertabumi Recycling Center,  Tim Legenda, dan  Srikandi. Mereka nantinya akan mengikuti Top 60 Floratama Academy.

Bacaan Lainnya

“Saya optimistis  10 finalis ini akan dapat melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif. Mereka juga akan menciptakan produk-produk  ekonomi kreatif  berkelanjutan  yang berbasis digital di Labuan Bajo,” kata Shana melalui keterangan tertulis, Senin (2/8/2021).

Ia mengatakan, Ideathon #RinduLabuanBajo adalah salah satu terobosan BPOLBF dalam menjawab tantangan-tantangan untuk memajukan  sektor pariwisata dan  Ekraf di Labuan Bajo. BPOLBF, kata Shana, secara konsisten  dan berkelanjutan mengadakan program pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, BPOLBF juga menjalin kemitraan erat dengan jajaran pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan (stakeholders) di berbagai bidang.

“BPOLBF melibatkan berbagai elemen masyarakat  untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Alhamdulillah,  Ideathon  #RinduLabuanBajo  menjadi contoh konkret. Program ini akan kami  sinergikan  dengan program Floratama Academy, sebuah program inkubasi pengusaha pada 30 bidang usaha pariwisata dan ekonomi kreatif  yang tersebar di  Flores, Alor, Lembata, dan Bima (Floratama),” jelas Shana.

Ia mengatakan, saat ini banyak talenta-talenta yang memiliki ide gemilang, inovatif, dan  kreativitas tinggi untuk  menjawab  tantangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo.  Ideathon #RinduLabuanBajo adalah  program BPOLBF  untuk mengoptimalisasi percepatan pembangunan sektor pariwisata  dan ekraf di  wilayah koordinatif BPOLBF,  yaitu Flores, Alor, Lembata, dan Bima.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pariwisata BPLOBF, Raisa Lestari Niloperbowo optimistis, penyelenggaraan Ideathon #RinduLabuanBajo  makin memantapkan posisi Labuan Bajo sebagai pusat kegiatan pelaku industri kreatif.

“Tujuan BPOLBF adalah mewujudkan kemapanan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.  Ideathon #RinduLabuanBajo adalah kampanye  BPOLBF untuk meningkatkan tourism awareness  masyarakat, khususnya terkait  kuliner, kriya, dan fesyen,” kata Raisa.

10 Tim Finalis  Ideathon #RinduLabuanBajo yakni: 1) Ampyang Lempu, 2) Batares, 3) Comohook, 4) Ecofloresta, 5) Flobamorata, 6) Floratama Camp, 7) KalaNusa, 8) Kertabumi Recycling Center, 9) Tim Legenda dan 10) Srikandi. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.