Bupati Manggarai Pastikan Pembelajaran Daring di SMPN 4 Langke Rembong Berjalan Baik

Bupati Manggarai bersama rombongan saat memantau pembelajaran Daring SMPN 4 Langke Rembong. (ist)

RUTENG | patrolipost.com – Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit SE MA  memastikan pelayanan pemerintahan di bidang pendidikan tetap berjalan dengan menyambangi SMPN 4 Langke Rembong, Senin (2/8/2021).

“Sebagai Bupati Manggarai, saya harus memastikan bahwa kendatipun ada pembatasan pelayanan kepada masyarakat termasuk di bidang pendidikan, namun tetap berjalan dengan adanya teknologi. Pesan moralnya, meskipun ada pembatasan, pendidikan anak-anak kita harus juga tetap menjadi prioritas,” kata Bupati Hery.

Bacaan Lainnya

Dalam masa pandemi saat ini, kata Hery, bukan hanya kesehatan dan ekonomi saja yang menjadi prioritas, namun sektor-sektor lain juga harus tetap mendapat perhatian dan tetap berjalan dengan pembatasan sesuai Protokol Kesehatan.

Di lain pihak, kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi sekaligus memberi semangat kepada siswa-siswi dan para guru di SMPN 4 Langke Rembong yang melaksanakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) model dalam jaringan (Daring) selama masa pandemi Covid 19.

“Kita semua tahu bahwa SMP Negeri 4 Langke Rembong termasuk salah satu sekolah yang punya inisiatif melaksanakan dan secara konsisten menjaga dan merawat inisiatif pembelajaran secara daring, secara online,” ungkap Bupati Hery.

Oleh karena itu, Bupati Hery berharap agar Dinas Pendidikan dapat mereplikasi pola pembelajaran secara daring ini ke sekolah tingkat dasar dan tingkat pertama di Kabupaten Manggarai.

“Jangan takut. Ini soal mau atau tidak mau. Pasti akan ada kendala, pasti akan ada tantangan, tapi kita jangan terlena dan takut dengan tantangan. Saya kira SMP Negeri 4 membuktikan bahwa semua harus dimulai. Seribu kilo itu dimulai dari langkah pertama. Pelihara semangat itu, konsisten dengan itu, jalani jalan itu,” katanya memberi motivasi.

Terkait ketersediaan materi pembelajaran, Bupati Hery berharap agar pihak sekolah dapat memanfaatkan dana BOS untuk menyediakan copian bahan ajar kepada peserta didik. Namun, di lain pihak ia berharap orangtua juga turut mendukung upaya dalam rangka memudahkan pembelajaran anak-anak.

“Dalam masa pandemi ini, tugas berat bagi guru untuk membuktikan. Hari ini jadi guru tidak gampang. Dari sisi pengajaran mungkin tidak soal, namun dari sisi pendidikan, itu harus diupayakan. Konsep kita agar anak-anak ke depannya jadi lebih baik,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Hery melihat secara langsung proses pembelajaran secara online di setiap kelas.

Sementara itu Kepala SMPN 4 Langke Rembong Drs Resman W Yan mengatakan, kehadiran Bupati Manggarai memberikan kebanggaan tersendiri bagi para guru di SMPN 4 Langke Rembong. Resman mengatakan, selama masa pandemi dua tahun ini SMPN 4 Langke Rembong terus berproses meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan teknologi informasi yang ada.

“Selama masa pandemi dua tahun lebih kami dalam  proses belajar mengajar telah menggunakan teknik  daring, variasi dan tatap muka. Hari ini Pak Bupati hadir untuk menyaksikan lebih dekat proses pembelajaran berbasis online,” jelas Resman.

Ditambahkannya, SMPN 4 Langke Rembong dari tahun ke tahun terus berupaya untuk meningkatkan proses pembelajaran daring menggunakan aplikasi dalam pelaksanaan ujian semester. Hal itu, menurutnya, tidak terlepas dari dukungan semua pihak.

“Dukungan dari Dinas Pendidikan juga sangat luar biasa sehingga proses pembelajaran daring ini berjalan dengan lancar. Terutama juga dukungan dari orangtua yang begitu besar,” tutur Resman. (pp04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.