Pemerintah Anggarkan Rp 1,4 Miliar untuk Menaikkan Air Segening

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau Mata Air Segening, Nusa Penida, Rabu (28/7). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menargetkan penanganan air dari sumber Mata Air Segening, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida dilakukan tahun ini. Pemkab telah memasang anggaran sebesar Rp 1,4 miliar, untuk menaikkan air dari sumber mata air yang berada ratusan meter di bawah tebing tersebut.

Bersama tim dari PDAM, PLN, Betperlitbang, Dinas PU dan jajaran terkait, Bupati Suwirta kembali melakukan survei ke lokasi, Rabu (28/7). Ini juga sebagai tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya. Menurut Bupati Suwirta, pemerintah telah menganggarkan Rp 1,4 miliar untuk menaikkan air Segening, termasuk menyiapkan reservoar sehingga nanti bisa mencukupi kebutuhan masyarakat di wilayah ini. “Kita sudah menganggarkan Rp 1,4 miliar untuk menaikkan air di sini, termasuk terget ada reservoar sampai nanti bisa mencukupi masyarakat di sini,” ujar Bupati Suwirta.

Pihaknya lanjut menugaskan tim agar segera melengkapi data-data sehingga secepatnya bisa dilakukan proses lelang maupun tender. Untuk pengelolaan, menurut Bupati Suwirta nantinya apakah dipakai Pamsimas, BUMDes atau diserahkan ke PDAM. Selain itu, kata Bupati Suwirta, Pemkab saat ini tengah berkoordinasi dengan pusat untuk rencana peminjaman dana PEN sebesar Rp 45 miliar untuk menangani peningkatan SPAM mata air Nusa Penida.

Sementara itu, Plt Perbekel Bunga Mekar, I Made Supradnya Yasa mengatakan, Mata Air Segening memiliki debit air sebesar 6 liter/detik. Jarak sumber mata air dari atas tebing sekitar 300 meter. Sedangkan jumlah penduduk Desa Bunga Mekar saat ini sebanyak 900 KK atau sekitar 3000 jiwa. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.