Ikon Michelin “Bibendum” Memasuki Usia 123 Tahun

Bibendum
DENPASAR | patrolipost.com – Bibendum atau yang dikenal luas sebagai “Michelin Man” atau “Manusia Michelin” sebagai ikon dari produk Michelin telah malang melintang selama 123 tahun. Lahir di tangan seorang seniman Perancis bernama Marius Rosillon (O’Galop) dan telah menjadi wajah kesayangan merek Michelin sejak tahun 1898.
“Tahun ini ulang tahun Bibendum diperingati dengan sederhana karena kita semua sedang dalam kondisi pandemi. Bibendum telah melewati sejarah panjang selama 123 tahun di seluruh dunia dan telah berevolusi hingga menjadi bentuknya yang sekarang. Sebagai sebuah brand, Bibendum adalah salah satu aset yang sangat kuat untuk Michelin dapat mempromosikan kegiatan dan layananya,” kata Presiden Direktur Michelin Indonesia, Steven Vette.
Bibendum yang diilustrasikan seperti orang yang terdiri dari tumpukan ban putih, lahir dari imajinasi sang pendiri perusahaan, Edouard dan Andre Michelin. Kedua bersaudara yang sedang berada di sebuah pameran internasional di Lyon pada tahun 1894, melihat tumpukan ban sepeda di depan stand mereka. Seakan melihat siluet seorang pria dari tumpukan ban, keduanya berkata: “Jika diberi kaki dan tangan, tumpukan ban akan terlihat seperti manusia.”
Tahun 1898, Michelin bersaudara meminta bantuan ilustrator yang akrab dikenal sebagai O’Galop, untuk menghidupkan imajinasi mereka. Terinspirasi salah satu gambar iklan yang menampilkan seorang pria gemuk mengangkat gelas bir, O’Galop mengganti objek peminum bir tersebut jadi seorang pria dari ban. Gelas bir diganti menjadi piala berisi paku dan pecahan kaca untuk menunjukkan bahwa kedua benda itu bukanlah penghalang atau lawan dari ban Michelin.
Hasilnya, Bibendum terlihat menyerupai sosok seperti mumi mengangkat gelas yang dalam iklannya turut diikuti kalimat “Nunc est bibendum!” (“Sudah waktunya untuk minum” dalam bahasa Latin). Awal tahun 1900-an, Bibendum pernah digambarkan membantu sebuah keluarga. Di Indonesia, Bibendum muncul pada setiap produk ban Michelin, toko ban partner Michelin. Bibendum yang juga kerap muncul dalam berbagai kegiatan Michelin.hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.