Jokowi Putuskan Perpanjang PPKM sampai 2 Agustus, Ini Sektor yang Dilonggarkan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo. (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 diperpanjang dari tanggal 26 Juli-2 Agustus 2021. Kebijakan itu diambil sebagai upaya antisipasi merebaknya varian Delta Covid-19.

Melalui live streaming via Youtube, Minggu (25/7/2021), Jokowi mengatakan, laju penambahan kasus, keterisian rumah sakit atau BOR, dan kasus positif mulai menunjukkan penurunan. Namun demikian, masyarakat harus berhati-hati menyikapi tren perbaikan yang terjadi saat ini.

Bacaan Lainnya

“Tetap harus waspada menghadapi varian Delta yang sangat menular dan pada saat yang sama, aspek sosial ekonomi masyarakat khususnya pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari harus juga diprioritaskan,” kata Jokowi.

Jokowi mengajak seluruh masyarakat agar selalu waspada. Karena ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular.

“Oleh karena itu, saya memerintahkan testing tracing bisa ditingkatkan lebih tinggi. Dan respon treatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan meningkatkan angka kesembuhan,” ujarnya.

Kendati PKKM Level IV diperpanjang ada sektor-sektor yang dilonggarkan diantaranya, pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka seperti biasa dengan Protokol Kesehatan yang ketat.

Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan sehari-hari, bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sampai pukul 15.00 WIB.

“Pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh masing-masing Pemda,” ujarnya.

Sementara, untuk pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, loundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cuci motor, serta usaha kecil lainnya, diizinkan buka dengan Prokes ketat hingga pukul 21.00 WIB.

Untuk warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka, diizinkan buka dengan Prokes ketat sampai pukul 20.00 WIB. Maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit.

Presiden juga meminta untuk menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, serta peningkatan testing, tracing dan treatment akan menjadi pilar utama penanganan Covid-19 kedepannya.

“Memakai masker dan menjaga  jarak harus terus dilakukan,” ajaknya.

Jokowi mengajak seluruh komponen masyarakat dan lapisan bangsa untuk bersatu padu dan bahu membahu melawan Covid-19 ini.

“Dengan usaha keras kita bersama, mudah-mudahan kita bisa segera  terbebas dari Covid-19 ini, sehingga kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” ujarnya. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *