Semangat Gotong-royong, Bupati Bangli Serahkan Ribuan Paket Sembako

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta saat menyerahkan paket sembako bagi perwakilan kepala Dusun, bertempat di halaman RJ Bupati Bangli, Jumat (23/7/2021).

BANGLI-patrolipost.com – Ribuan paket sembako mulai disalurkan untuk warga Bangli, pada Jumat (23/7/2021). Penyerahan paket sembako secara simbolis dipimpin oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar. Penyerahan paket sembako diikuti pula oleh jajaran Forkompinda Bangli dan pimpinan OPD terkait.

Bupati Sedana Arta mengatakan, paket sembako yang terkumpul sebanyak 7.000 paket. Paket sembako berasal dari gotong-royong para PNS di lingkungan Pemkab Bangli, instansi vertikal hingga pelaku usaha di Bangli. Untuk pendistribusian paket sembako nantinya melibatkan OPD terkait bersama TNI dan Polri.

Bacaan Lainnya

Adapun sasarannya, para penyandang disabilitas, pekerja yang dirumahkan, pedagang kaki lima, pelaku UMK/IKM serta warga (peternak ikan) yang terdapat semburan belerang di Danau batur. “Sekitar 400 paket disalurkan untuk pelaku UKM/IKM yang belum tersentuh bantuan,” jelasnya. Lanjutnya, Masing-masing dusun atau banjar mendapat pasokan 10 paket sembako.

Lanjutnya, dalam situasi pandemi berimbas pada berbagai kalangan, termasuk pedagang kaki lima. Dalam pelaksanaan PPKM Darurat ini ruang gerak menjadi terbatas. Selain bantuan dari kegiatan gotong royong ini, kata Bupati Sedana Arta, pemerintah daerah juga mengganggarkan pengadaan sembako bagi warga yang menjalani isolasi melalui APBD.

“Kepala Dusun bersurat ke Dinas Kesehatan, kemudian Dinas Kesehatan merekomendasikan ke Dinas Sosial,” ungkapnya. Dikatakan, untuk penanganan Covid-19 tidak dapat mengandalkan APBD saja. Dari pemerintah pusat mengucurkan bantuan melalui program seperti PKH, BLT, BST. “Dari Kementerian Sosial telah menggelontorkan 3.000 paket beras,” sambungnya.

Lebih lanjut, gerakan gotong-royong bersama ini diharapkan dapat menular ke semua jenjang. Masyarakat yang mampu diharapkan dapat menyisihkan pendapatannya. “Kami juga sudah melakukan komunikasi dengan perkumpulan saudara-saudara Bangli yang ada diluar,” sambung Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini.

Bupati Sedana Arta mengharapkan masyarakat yang dapat menginformasikan bila ada warga yang belum terpantau. “Mungkin ada yang belum terpantau, agar dapat informasikan sehingga dapat tindaklanjuti,” ujarnya.

Diingatkan pula, dalam situasi saat ini tidak perlu saling menyalahkan. Akan tetapi bersama-sama untuk melalui pandemi Covid-19. Seluruh pihak harus berkomitmen dan tentunya solid. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.