Komitmen Pemkab Gianyar Lindungi Anak, Diganjar Penghargaan KPAI

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar berhasil meraih penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (kominfo/ode)

GIANYAR | patrolipost.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar dianugerahi penghargaan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam kategori Pemerintah Daerah Kabupaten yang memiliki komitmen terhadap Perlindungan Anak dan Pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak tahun 2021.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan secara virtual. Penghargaan diterima Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu di Ruang Commmand Center, Kantor Bupati Gianyar, Kamis (22/7/21).

Ketua KPAI Dr Susanto, MA mengatakan, dengan adanya anugrah KPAI semoga dapat memberikan kontribusi dan menumbuhkan kepeloporan positif bagi perlindungan anak di Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang berkomitmen terhadap penyelenggaraan perlindungan anak, terbukti dengan regulasi-regulasi terkait dengan perlindungan anak yang tercantum dalam undang-undang, peraturan pemerintah, perpu, peraturan presiden, peraturan menteri, peraturan daerah maupun kebijakan yang lainnya. Namun indek perlindungan anak di Indonesia masih belum sesuai harapan, yang baru mencapai 63,67% pemenuhan hak anak dan indek perlindungan khusus mencapai 77,03%.

Dalam rangka mendorong percepatan perlindungan anak, KPAI terus berinovasi dalam melasanakan tugas yang tertuang dalam undang-undang 35 tahun 2014, sebagai pegawas pemenuhan hak anak maupun perlindungan khusus. Salah satu yang dikembangkan adalah Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak berbasis Digital untuk mengoptimalkan pengawasan perlindungan anak.

Dr Susanto, MA menambahkan, setiap tahun KPAI rutin melaksanakan anugrah KPAI sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas komitmen dan inovasi pemerintah daerah, organisasi masyarakat dan individu yang memiliki kepedulian dan komitmen terhadap perlindungan anak. Tahun ini KPAI memberikan anugrah KPAI tahun 2021 berdasarkan penilaian berbasis SIMEP yang diberikan kepada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah tingkat Kabupaten/Kota dan penilaian berbasis Non SIMEP, yang dibagi menjadi 10 Katagori.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si. mengapresiasi KPAI yang telah menyelanggarakan kegiatan anugrah KPAI 2021, yang dapat menginspirasi dan memperkuat perlindungan anak di seluruh Indonesia yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli.

“Saya beserta jajaran Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengucapkan selamat Hari anak Nasional,” kata Menteri GA Bintang.
Sumberdaya masa depan Indonesia yang berdaya saing berada di tangan anak Indonesia, betapa pentingnya berinvestasi pada anak Indonesia dengan memenuhi hak-hak dan melindungi mereka dari segala bentuk kekerasan.

“Anak-anak adalah masa depan kita,” ucapnya. Menteri GA Bintang menambahkan, anak memiliki hak asasi yang harus dipenuhi seperti halnya orang dewasa, yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak, diantaranya hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk mendapat perlindungan serta hak berpartisipasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gianyar, Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu mengatakan komitmen Kabupaten Gianyar terhadap Perlindungan Anak terbukti dengan adanya beberapa regulasi yang diterbitkan, salah satunya perda perlindungan anak yang sudah ditetapkan. Semua itu merupakan payung hukum untuk pemenuhan hak anak, serta ini merupakan komitmen dari bupati sebagai pemenuhan hak anak dan perlindungan hak anak yang didukung seluruh stakeholder Pemerintah Kabupaten Gianyar.
Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu merasa bangga terhadap pencapaian Kabupaten Gianyar telah menerima anugrah penghargaan dari KPAI pada kategori Pemerintah Daerah Kabupaten yang memiliki komitmen terhadap Perlindungan Anak dan Pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak tahun 2021, serta dirinya mengapresiasi KPAI karena telah memberika anugrah penghargaan kepada Kabupaten Gianyar. (kominfo/eka)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *