Rumpun Bambu Longsor Tutup Badan Jalan di Desa Jehem

Proses evakuasi longsor di ruas jalan Dusun Tingkad Batu, Desa Jehem, Tembuku. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Rumpun bambu di ruas jalan Bangli-Tembuku, tepatnya di Dusun Tingkad Batu, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku tergerus longsor, Rabu (21/7)  sekira pukul 24.00 Wita.  Akibatnya arus lalin sempat terganggu. Upaya evakuasi rumpun bambu yang menutup badan jalan dilakukan oleh petugas dibantu masyarakat. Bahkan untuk mempercepat proses evakuasi diturunkan alat berat.

Babinsa Desa Jehem Serma I Wayan Wicanai temui di lokasi mengatakan, longsornya tebing setinggi hampir 15 meter juga menggerus rumpun bambu. Selain menutup akses jalan, batang bambu yang terbawa longsor merusak plang nama counter di seberang jalan.

Bacaan Lainnya

”Begitu diketahui terjadi longsor, warga sempat turun membersihkan batang bambu yang melintang di jalan,” ujarnya, Kamis (22/7/2021).

Lanjut I Wayan Wicana evakuasi dilanjutkan esoknya dengan melibatkan petugas mandor jalan dibantu warga. Untuk mempercepat evakuasi material longsor berupa tanah dan bebatuan, petugas dari PU Provinsi  menurunkan  alat berat jenis louder.

”Proses evakuasi tuntas sekitar pukul 15.00 Wita,” sebut anggota TNI asal Banjar Sale Desa Abuan, Kecamatan Susut ini.

Menurut I Wayan Wicana, sepanjang jalur Bangli-Tembuku termasuk rawan longsor, maka masyarakat diimbau hati-hati melintas terutama di saat musim hujan.

“Kejadian longsor sudah beberapa kali terjadi, kami  mengimbau masyarakat untuk waspada melintas terutama memasuki musim penghujan,” jelasnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.