Kakesdam IX/Udayana Serahkan Bantuan Obat-obatan kepada Masyarakat Prasejahtera

Didampingi Waas Ops Kasdam IX/Udayana Letkol Inf Komang Agus MP SSos, Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr I Made Mardika SpPD MARS FINASIM (tengah) menyerahkan bantuan obat-obatan kepada Kasi Ops Korem 163/Wira Satya Kolonel Kav I Made Bagus Suraputra, Sabtu (17/7/2021). (jok)

DENPASAR | patrolipost.com – Di sela memonitor pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di Makesdam IX/Udayana, Jalan PB Sudirman, Denpasar, Sabtu (17/7/2021), seizin Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak MSc, Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr I Made Mardika SpPD MARS FINASIM, menyerahkan bantuan ratusan paket obat-obatan kepada masyarakat prasejahtera di Bali.

Untuk tahap awal, bantuan ratusan paket 2 dan 3 dari Pemerintah Pusat ini secara simbolis diserahkan Kakesdam IX/Udayana, didampingi Waas Ops Kasdam IX/Udayana Letkol Inf Komang Agus MP SSos kepada Kasi Ops Korem 163/Wira Satya Kolonel Kav I Made Bagus Suraputra. Selanjutnya melalui Korem 163/Wira Satya, bantuan tersebut akan disalurkan ke seluruh Kodim jajaran se-Bali untuk diberikan kepada masyarakat prasejahtera yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Bacaan Lainnya

“Hari ini (Sabtu, 17 Juli 2021), kami menyerahkan ratusan paket obat-obatan untuk masyarakat prasejahtera yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). Pangdam IX/Udayana menginstruksikan kepada semua satuan jajaran Korem 163/Wira Satya untuk melaksanakan isolasi terpusat di masing-masing Kodim, agar memudahkan pemberian obat-obatan tersebut kepada yang bersangkutan,” ujar Kolonel Ckm dr I Made Mardika.

Jadi katanya, yang dimaksud dengan masyarakat prasejahtera itu adalah golongan menengah ke bawah. “Siapa yang menentukan masyarakat prasejahtera itu? Adalah kepala desa melalui Babinsa, dan diharapkan bantuan obat-obatan dari Pemerintah Pusat ini bisa langsung diterima oleh masyarakat prasejahtera yang bersangkutan,” jelas Kakesdam IX/Udayana.

Ada 3 paket isoman (1, 2, dan 3), namun pada tahap awal ini, untuk Bali, Pemerintah Pusat baru mengalokasikan masing-masing 130 paket isoman 2 dan 3, sedangkan untuk paket isoman 1 menyusul. “Paket isoman 1 isinya vitamin C dan D untuk masyarakat yang hasil PCR-nya positif, tapi tidak ada keluhan atau orang tanpa gejala (OTG),” katanya.

Adapun Paket isoman 2 untuk pasien dengan PCR (+), keluhan panas, dan atau hilang penciuman (anosmia). Sedangkan Paket isonan 3 untuk pasien dengan PCR (+), keluhan panas, dan bstuk kering.

Terkait distribusi bantuan tersebut, Kodim 1609/Buleleng dan Kodim 1617/Jembrana masing-masing mendapat 25 paket 2 dan 25 paket 3. Sementara, Kodim 1611/Badung dan Kodim 1619/Tabanan masing-masing mendapat 20 paket 2 dan 20 paket 3.

Sedangkan, Kodim 1610/Klungkung, Kodim 1616/Gianyar, Kodim 1623/Karangasem, dan Kodim 1626/Bangli masing-masing menerima 10 paket 2 dan 10 paket 3.

Tiap hari juga dilakukan Serbuan Vaksinasi untuk 400 orang di Kesdam IX/Udayana, juga kegiatan serupa digelar di beberapa Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan sejumlah sekolah.

“Pihak Kesdam IX/Udayana masih memiliki ribuan stok vaksin Sinovac dan AstraZeneca, dimana saat ini masyarakat Bali yang sudah tervaksin mencapai 94,56 persen, dan diharapkanakhir Juli 2021 bisa mencapai 100 persen,” tutur Kakesdam IX/Udayana. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.