Heboh! Payudara Membesar Usai Divaksin, Begini Faktanya

Vaksin Covid-19. (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Beredar pengakuan seorang remaja yang payudaranya membesar setelah disuntik vaksin Covid-19 buatan Pfizer. Dalam sebuah video TikTok, remaja 17 tahun bernama Emma tersebut mengatakan payudaranya terasa lebih besar beberapa minggu usai divaksinasi.

Dikutip dari kantor berita NRK, Emma mengaku menerima ratusan komentar terkait hal yang sama di TikTok.

“Saat saya melihat ada beberapa yang memiliki pengalaman serupa di TikTok, saya mencari tahu di Internet. Saya menemukan banyak artikel dari Amerika Serikat,” kata Emma.

Dokter dari pusat diagnostik payudara di Rumah Sakit Nordland, Heinrich Backmann, menjelaskan apa yang terjadi kemungkinan bukan pembesaran payudara sesungguhnya. Beberapa vaksin Covid-19 diketahui memang bisa menyebabkan pembengkakan sementara pada kelenjar getah bening di payudara.

Secara umum kelenjar getah bening akan membengkak karena peradangan untuk melawan infeksi. Namun, sekali lagi ini sifatnya tidak permanen dan akan kembali normal setelah beberapa minggu.

Oleh karena alasan ini juga beberapa ahli tidak menyarankan wanita menjalani tes mammogram segera setelah vaksinasi. Kelenjar getah bening yang bengkak dapat menyerupai benjolan mirip kanker payudara.

“Pembengkakan kelenjar getah bening pasca vaksin biasa terjadi dan tidak berbahaya. Namun bisa memicu positif palsu pada mammogram, meningkatkan kebutuhan untuk pengujian lebih lanjut yang tidak perlu,” kata Dr Brett Parkinson, direktur medis Pusat Perawatan Payudara Pusat Medis Intermountain di Murray, Utah, Amerika Serikat. (305/dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.