Sekretaris Dinkes Matim Berkomitmen Sembuhkan ODGJ di Golo Mongkok

Sekretaris Dinkes Matim, Kristiani Agas saat mengunjungi bocah difabel dan IDGJ  di Golo Mongkok, Kecamatan Rana Mese, Manggarai Timur. (ist)

BORONG | patrolipost.com – Sesaat setelah dilantik menjadi Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Senin (5/72021), Kristiani Agas langsung mengunjungi  masyarakat.

Kristiani pun lantas mengunjungi rumah bocah difabel bernama Febi dan ayahnya Stefanus Kanur yang merupakan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Golo Mongkok, Desa Watu Mori, Kecamatan Rana Mese.

Bacaan Lainnya

“Kita fokus ke bapaknya yang alami gangguan jiwa ini. Dia bisa sembuh kalau rutin minum obat. Bapak Stef ini usia produktif, kalau dia sembuh, bisa mengurus anaknya yang sakit difabel ini. Kami upayakan dia sampai sembuh. Apalagi sudah banyak ODGJ yang sembuh,” kata Kristiani.

Ia mengatakan, pihaknya datang langsung ke rumah pasien Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk memberikan penjelasan kepada keluarga, bahwa gangguan jiwa itu bisa disembuhkan. Menangani  ODGJ tidak harus dipasung.

“Bersyukur, keluarga di sini menangani bapak Stef dengan baik. Jadi, mulai sekarang, kami beri dia obat dan akan terus dipantau sampai sembuh,” katanya seraya menambahkan,  untuk Febi yang mengalami gangguan mental, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk bisa menanganinya.

Kakeknya Febi, Hendrikus Gandut (67), menuturkan, bertahun-tahun menderita sakit anak dan cucunya itu belum pernah diantar ke rumah sakit untuk diperiksa, karena ketiadaan biaya. Kunjungan Sekdinkes Matim merupakan kunjungan pertama yang mewakili Pemkab Matim.

“Saya sangat terharu, ibu Sekdinkes bisa datang langsung lihat Febi dan Stef. Jujur, baru kali ini pejabat bisa datang ke rumah kami ini. Semoga anak dan cucu saya bisa sembuh nantinya,” pungkasnya. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.