Kantor Desa Persiapan Pulasari Manfaatkan Puskesmas Pembantu

Kondisi Pustu yang dimanfaatkan untuk kantor Desa Persiapan Pulasari, berlokasi di Banjar Kebon Kelod, Kecamatan Tembuku, Bangli. (sam)

BANGLI | patrolipost.com – Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli telah resmi dimekarkan. Dengan pemekaran maka Desa Peninjoan terbagi menjadi Desa Peninjoan (induk) dan Desa Persiapan Pulasari. Sebagai desa persiapan maka untuk sarana kantor Desa Pulasari  memanfaatkan salah satu ruangan Puskesmas Pembantu (Pustu).

Menurut Penjabat (Pj) Perbekel Desa Persiapan Pulasari, I Wayan Sutrisna untuk sementara aktivitas kantor desa memanfaatkan bangunan Pustu yang berlokasi di Banjar Kebon Kelod.

Bacaan Lainnya

“Ada beberapa ruang tidak difungsikan. Ruang tersebut tadinya mess bagi petugas Pustu,” ujarnya, Minggu (4/7/2021).

Kata Wayan Sutrisna, untuk pemanfaatan ruangan Pustu, pihaknya  sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait.  Direncanakan akan dilakukan penataan ruangan pada Senin (5/7). Wayan Sutrisna mengatakan untuk pemenuhan meubeler dibantu Desa Induk  (Peninjoan). “Untuk sarana akan memanfaatkan  barang  dari desa induk,” sebutnya.

Disinggung terkait staf yang bertugas di kantor Desa Persiapan Pulasari, Wayan Sutrisna menyebutkan jika kaur atau staf dari Desa Induk juga akan dibagi. Pembagian disesuaikan dengan wilayah. Staf yang berasal wilayah desa persiapan maka diperbantukan ke kantor baru. Sedangkan staf asal Desa Induk maka akan tetap bertugas di sana.

“Hal ini sudah dikomunikasikan oleh Pak Perbekel Peninjoan,” sambungnya.

Sementara itu, karena masih berstatus desa persiapan belum ada kebijakan bisa dilaksanakan. Desa baru sebatas pelayanan administrasi. Sedangkan untuk anggaran masih menunggu anggaran perubahan. “Untuk dana desa persiapan dari pembagian desa induk,” sebutnya.

Di sisi lain, dengan adanya pemekaran ini, maka 15 banjar dinas di Desa Peninoan dibagi menjadi dua. Desa Peninjoan mewilayahi 8 banjar dinas, yakni Banjar Bengang, Banjar Payuk, Banjar Peninjoan, Banjar Manikaji, Banjar Karang Suung Kaja, Banjar Karang Suung Kelod, Banjar Tampuagan, dan Banjar Puraja.

Sementara  Desa Persiapan Pulasari meliputi 7 banjar dinas, masing-masing: Banjar Penarukan, Banjar Pulasari Kangin, Banjar Pulasari Kawan, Banjar Kebon Kangin, Banjar Kebon Kaja, Banjar Kebon Kelod, dan Banjar Dadem.

”Mengenai jumlah penduduk dan luas wilayah,  lebih  banyak dan luas desa Persiapan Pulasari,” ungkapnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.