Wow! Abhimanyu Jadi GM Catur Termuda Dunia di Usia 12 Tahun

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Pecatur 12 tahun Abhimanyu Mishra menjadi Grandmaster (GM) termuda dalam sejarah catur dunia mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang GM Sergey Karjakin. (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Pecatur 12 tahun Abhimanyu Mishra menjadi Grandmaster (GM) termuda dalam sejarah catur dunia mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang GM Sergey Karjakin asal Rusia.

Abhimanyu Mishra yang berasal dari New Jersey, Amerika Serikat, meraih gelar GM setelah mengalahkan GM Leon Luke Mendonca pada ronde kesembilan turnamen Vezerkepzo GM Mix di Budapest, Hungaria, Rabu (30/6).

Dengan kemenangan atas Mendonca, Mishra memenuhi langkah terakhir mendapat gelar GM dengan Elo di atas 2500.

Dikutip dari CNN, Mishra merebut gelar GM dalam usia 12 tahun, 4 bulan, dan 25 hari. Ia memecahkan rekor Karjakin yang menjadi GM saat berusia 12 tahun 7 bulan.

“Grandmaster Abhimanyu Mishra yang berusia 12 tahun dari Englishtown, New Jersey, adalah Grandmaster (GM) termuda dalam sejarah memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh GM Rusia Sergey Karjakin,” tulis federasi catur dunia (FIDE).

Untuk mendapatkan gelar GM seorang pecatur harus mencapai tiga norma Grandmaster. Ketiganya yaitu penghargaan tertinggi berbagai turnamen catur, Elo di atas 2500, dan peringkat yang diatur kompetisi catur internasional.

Ini bukan rekor pertama Abhimanyu Mishra. Sebelumnya ia memecahkan rekor master termuda Amerika Serikat dalam usia 9 tahun 2 bulan. Mishra juga menjadi Master Internasional termuda dalam usia 10 tahun, 9 bulan, dan 3 hari.

Setelah diumumkan secara resmi oleh FIDE menjadi GM termuda, Mishra langsung berkicau di media sosial Twitter. Mishra cukup emosional menyikapi gelar barunya tersebut karena berhasil mematahkan rekor yang telah bertahan 19 tahun 66 hari.

“Akhirnya skakmat lawan terbesar, selama pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung yang menghentikan saya selama 14 bulan. Terima kasih semuanya atas semua cinta dan dukungan Anda. Menanti tampil di Kejuaraan Dunia,” tulisnya Mishra melalui Twitter.

Kejuaraan Dunia Catur 2021 akan berlangsung di Rusia pada 10 Juli hingga 3 Agustus. Sebanyak 206 master akan tampil di kejuaraan paling bergengsi ini. Dari jumlah itu ada dua wakil Indonesia yang akan tampil, yakni GM Susanto Megaranto dan Master Mohamad Ervan.

Salah satu ambisi terbesar Mishra saat ini adalah bertarung dengan pecatur nomor satu dunia saat ini, Magnus Carlsen asal Nurwegia. Mishra sempat dijadwalkan menantang Carlsen pada 2016, tetapi agenda tersebut batal terlaksana. (305/cnc)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *