Bupati Bangli Minta Jalankan Jana Kerthi dan Laksanakan Bhisama Bhatara Kawitan

Bupati Sang Nyoman Sedana Arta buka Lokasabha V PBMM Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar dan Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles, membuka Loka Sabha V Pratisentana Bendesa Manik Mas Kab Bangli yang berlangsung di Pesraman Guru Kula, Kelurahan Kubu Bangli, Selasa (29/6/2021).

Tampak hadir dalam  acara tersebut Ketua Bendesa Manik Mas Bali Made Sudiana, Ketua PHDI Bangli, I Nyoman Sukra, para Semeton, Penglisir Pratisentana Bendesa Manik  Mas Kabupaten Bangli.

Bupati Bangli dalam sambutannya mengatakan, Loka Sabha V Pesemetonan Pratisentana Bendesa Manik Mas (PBMM) dapat mempererat tali persaudaraan dan  meningkatkan peran  serta dalam mencerdaskan umat Hindu yang ada di Bangli. Selain itu dapat menyatukan dan ikut serta dalam membangun Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru.

Bupati asal Dusun/Desa Sulahan ini berharap agar Pesemetonan Pratisentana Bendesa Manik Mas dapat  memberikan pembinaan dan  pengertian bagi generasi muda agar menjalankan Jana Kerthi dan melaksanakan Bhisama Bhatara Kawitan,” harapnya.

Disamping itu Sedana Arta juga berharap lokasabha ini bisa menghasilkan pemimpin baru dan pengurus yang bisa membesarkan dan memajukan organisasi. Selain itu, juga bisa mengeluarkan pemikiran-pemikiran yang baik guna melaksanakan serta meningkatkan rasa persaudaraan diantara warga Pratisentana Bendesa Manik Mas di Kabupaten Bangli dan seluruh Bali.

“Nantinya organisasi ini memiliki peranan penting dalam mempersatukan umat dan berkewajiban mengayomi seluruh Pesemetonan di bidang adat dan budaya yang sudah diakui di seluruh Bali,” sebut mantan anggota DPRD Bali ini.

Sementara itu Ketua Panitia  I Wayan Swarembawa mengatakan,  Lokasabha PBMM V diikuti oleh Ketua PBMM Kabupaten Bangli, utusan kecamatan, para Penglisir, para pandita dan pengurus Dadia sebanyak 65 atau sekitar 5.000 KK yang tersebar di seluruh Bangli.

Adapun Lokasabha kali ini mengambil tema “Melarapan Loka Sabha V Pratisentana Bendesa Manik Mas Kabupaten Bangli Tahun 2021, Nyujur Pasemetonan Sayan Rumaket Saha Nincapang Srada Bhakti Ring Ida Bhatara Lelangit (Tindih, Wirang, Pageh).

Lokasabha mengangendakan memilih Ketua Baru PBMM Kabupaten Bangli tahun 2021-2026 dan memilih Ketua Kecamatan se-Kabupaten Bangli.

Dalam kesempatan tersebut Wayan Swarembawa juga menyinggung terkait tempat suci seperti  Merajan Gede, Pura Panti dan Paibon yang diempon oleh Pratisentana Bendesa Manik Mas di Kabupaten Bangli memerlukan bantuan dari pemerintah Daerah.

”Kondisi tempat suci masih banyak perlu pembenahan untuk itu kami berharap pemerintah bisa mengalokasikan untuk bantuan,” kata Wayan Swarembawa. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.