Komunitas Lebah Channa Fish Club Siap Gelar Kontes Ikan Channa 1 Juli

Komunitas Lebah Channa Fish Club saat melaksanakan aktivasi di Kantor Walikota Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Komunitas Lebah Channa Fish Club akan menggelar kontes Ikan Channa yang akan dilaksanakan di Dharma Negara Alaya pada 1-4 Juli 2021 mendatang.  Terkait hal itu komunitas Lebah Channa Fish Club melaksanakan aktivasi dan disambut hangat Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, AA G Bayu Brahmasta di Kantor Walikota Denpasar, Selasa (22/6/2021).

Ketua Lebah Channa Fish Club, Ida Bagus Eka mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 yang sedang mewabah ini, para pencinta dan komunitas ikan Channa pun kian merebak di Kota Denpasar.

Bacaan Lainnya

“Dulu ikan Channa atau ikan gabus ini merupakan ikan konsumsi. Namun setelah kita lihat dan dipilih ikan ini sangat menarik jika ditempatkan dalam akuarium dan dapat bersaing dengan ikan hias lainnya, seperti ikan Louhan dan Arwarna serta memiliki nilai jual yang tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bermula dari hobi hingga kemudian membentuk komunitas dan mengadakan kontes Ikan Channa yang akan segera digelar di Dharma Negara Alay pada 1- 4 Juli 2021 mendatang.

“Dalam kontes ini kami hanya menampilkan 2 kategori yakni kategori Channa lokal atau Channa Limbatta dan kategori luar negeri yakni untuk jenis ikan Channa Myanmar yaitu Channa Pulkra,” terangnya.

“Harapan kami untuk ke depannya, mengingat komunitas dan peminat Ikan Channa yang semakin meningkat agar para pecinta ikan ini untuk tetap menjaga ekosistem, baik dengan menjaga habitat aslinya maupun dengan mengembangbiakkan sehingga ikan yang sudah jarang ditemui ini tetap ada dan tidak punah,” jelas Ida Bagus Eka.

Sementara Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mendukung dan mengapresiasi kegiatan kontes ikan yang dilakukan komunitas Lebah Channa Fish Club yang akan diadakan di Dharma Negara Alaya mulai 1 Juli 2021 mendatang. Namun pelaksanaan dengan tetap mematuhi Prokes dan pembatasan peserta sehingga dapat mencegah terjadinya penularan virus yang lebih meluas.

“Saya berharap dengan kegiatan ini dapat lebih mengisi waktu luang para generasi muda sehingga lebih bermanfaat. Dan mengingat habitat ikan ini sudah mulai berkurang, sehingga kegiatan ini juga bermanfaat sebagai upaya pelestarian ikan Channa (gabus) agar tidak punah,” pungkas Agus Arya Wibawa. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.