Pemkab Klungkung Bertekad Percepat Penyelesaian Vaksinasi Covid-19

Usai memimpin rapat membahas pelaksanaan vaksinasi dan perkembangan Covid-19, Selasa (22/6). Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi di Dusun Penasan Kecamatan Banjarangkan dan Banjar Sangging, Desa Kemasan.(ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Berbagai upaya dilakukan Pemkab Klungkung untuk mempercepat penyelesaian vaksinasi Covid-19. Selain mendatangi sasaran, Pemkab juga akan menambah jam layanan vaksinasi pada sore hari.

Hal itu disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat memimpin rapat pembahasan pelaksanaan vaksinasi dan perkembangan Covid-19 di ruang rapat kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Klungkung, Selasa (22/6).

Hadir dalam rapat tersebut Forkopimda Kabupaten Klungkung, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Kepala OPD terkait serta para camat se-Kabupaten Klungkung.

Dalam arahannya, sejumlah pesan disampaikan Bupati Suwirta diantaranya untuk mempercepat penyelesaian vaksinasi, selain pagi juga akan dilakukan pada sore hingga malam hari. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi warga yang beraktivitas/memiliki kesibukan di pagi hari. Vaksinasi akan melibatkan tim kesehatan bersama petugas TNI/Polri. Kemudian untuk validasi data jangan hanya menggunakan aplikasi saja, tetapi juga tetap dilakukan secara manual. Upaya ini dilakukan agar masyarakat tidak ada yang tercecer.

“Mari jaga semangat, kita harus berani bekerja dari pagi hingga malam hari agar pelaksanaan vaksinasi tetap berjalan maksimal,” ujar Bupati Suwirta.

Hal yang tidak kalah pentingnya disaat menggunakan anggaran apapun bentuknya, baik itu untuk menangani Covid-19 maupun bentuk anggaran lainnya harus dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk penduduk pendatang juga diantisipasi dengan baik, suruh mereka menunjukkan data vaksinasi/test rapid terakhir. Kemudian tidak kalah pentingnya, penerapan protokol kesehatan harus dijaga dengan baik mengingat belakangan ini banyak masyarakat yang sedang menggelar upacara ngaben massal.

“Kita tetap semangat jangan terpaku baru data vaksinnya rendah, tetapi tetap semangat untuk menuntaskan penyelesaian vaksinasi agar masyarakat kita terhindar dari Covid-19,” harapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra menyebutkan, jumlah cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Klungkung sampai tanggal 21 Juni 2021 sebanyak 63,15 persen dari jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 151.036 orang. Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 95.382 orang atau 63,15 persen. Sedangkan cakupan vaksinasi dosis kedua sebanyak 28.145 orang atau 18,63 persen. Selain itu, ada 6 desa yang cakupan vaksinasinya di atas 90 persen yaitu Desa Timuhun, Gelgel, Kutampi, Jungut Batu, Lembongan dan Semarapura Kaja. Sedangkan ada 15 desa yg cakupan vaksinasinya di bawah 50 persen yaitu di Kecamatan Banjarangkan diantaranya Desa Bumbungan, Tusan dan Tihingan. Untuk di Kecamatan Klungkung ada 6 desa yaitu Kelurahan Semarapura Kangin, Sp Tengah, Sp Kelod, Sp Kelod Kangin, Desa Tangkas dan Tegak. Untuk di Kecamatan Dawan terdapat 1 desa yaitu Desa Paksebali serta Kecamatan Nusa Penida terdapat 5 desa yaitu Desa Batu Kandik, Bungamekar, Tanglad, Kutampi Kaler dan Suana.

Usai memimpin rapat tersebut, Bupati Suwirta lanjut meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Dusun Penasan Kecamatan Banjarangkan dan Banjar Sangging, Desa Kemasan. Sementara di tempat terpisah Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta juga meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Desa Bungbungan Banjarangkan. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.