LPD Kebon Punya Program Dana Abadi untuk Ngaben Massal

Ketua LPD Kebon, I Ketut Tindih (ist)

BANGLI | patrolipost.com – LPD Adat Kebon, Desa/Kecamatan Susut, Bangli memiliki salah satu program yakni dana abadi. Dana tersebut digunakan untuk upacara ngaben massal yang digelar Desa Adat Kebon. 

Ketua LPD Kebon, I Ketut Tindih mengatakan ide untuk program dana abadi muncul berkaca  dari pelaksanaan pertama kali upacara ngaben massal di Desa Adat Kebon tahun 2016.

Desa Adat bersama LPD kemudian melakukan pembahasan  bagaimana agar biaya upacara semakin bisa ditekan. “Biaya ngaben hingga mepropas tidak sedikit. Bagi warga yang perekonomian kurang, tentu hal tersebut cukup memberatkan,” sebutnya, Senin (21/6/2021). 

Setelah itu, LPD merancang program dana abadi untuk ngaben massal. Yang mana desa Adat memberikan dana sebesar Rp 100 juta. Sedangkan masing-masing kepala keluarga membayar senilai 100 kilogram beras. Selanjutnya dari LPD memberikan bunga sebesar 1 persen.

“Jika normalnya bunga 0,3 persen, untuk dana abadi ini  LPD memberikan bunga 1 persen atau subsidi 0,7 persen untuk bunga,” ungkapnya. 

Kemudian bagi pria yang baru menikah langsung menyetorkan uang senilai 100 kilogram beras. Terkait program ini juga diatur dalam pararem Desa Adat. Sementara untuk krama yang menyetorkan dana sebanyak 110 kepala keluarga. Dengan jumlah warga yang sedikit, LPD dan Desa Adat melaksanakan sejumlah program yang diharapkan dapat meringankan warga. 

Menurut Ketut Tindih, dari dana awal tersebut kini sudah terkumpul dana untuk pelaksanaan ngaben massal yang rencananya dilaksanakan dalam waktu dekat ini. “Harapnya dana pokok tetap utuh, dana ngaben menggunakan hasil dari bunga,” ujarnya. 

Diperkirakan estimasi biaya ngaben massal sebesar Rp 200 juta. Disisi lain, saat ini juga sedang dilakukan proses pembangunan di Pura Prajapati dan pembangunan tempat ngaben massal. Kata Ketut Tindih, LPD ikut berpartisipasi melalui dana sosial.

“Dari keuntungan itu kami arahkan ke dana sosial. Dana tersebut dimanfaatkan untuk pembangunan,” jelasnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.