Putri Koster Gagas Tren Mode Tahunan Busana Tenun Endek Bali

Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Ketua Dekranasda Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengajak para desainer Bali membuat tren mode setiap tahun seperti yang dilakukan di luar negeri. Dari tren mode tersebut, secara tidak langsung akan memengaruhi masyarakat lokal maupun domestik dalam menggunakan kain tenun Bali.

Putri Koster berharap, hal tersebut dapat didukung dan diberikan masukan oleh Dekranasda Kabupaten/Kota se-Bali.

Bacaan Lainnya

“Jika kain tenun dikreasikan untuk berbagai macam tema busana atau fashion, sangat menarik untuk dilihat,” ujar Putri Koster di Gedung Ksirarnawa-Taman Budaya Art Center, Denpasar, Minggu (20/6/2021).

Ia mengapresiasi hasil karya para desainer  yang mengaplikasikan kain tenun Bali ke dalam balutan busana adat kantor, kasual dan busana pesta. Menurutnya, kain tenun buatan para perajin Bali kualitasnya tidak diragukan lagi. Ia juta meminta perajin tenun lebih semangat dalam membuat produk kerajinan.

“Untuk menggaungkan kembali, kain tenun asli Bali bia dikreasikan sesuai fashion yang sedang hits. Sehingga kain tenun Bali dapat terus dilestarikan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Putri Suastini Koster juga berkesempatan menyaksikan Acara Wimbakara (Lomba) Design dan Peragaan Busana PKB XLIII Tahun 2021. Lomba diikuti 7 kabupaten/kota se-Bali.

Dari penilaian dewan juri maka untuk Lomba Busana Adat Bali ke Kantor Berpasangan, Juara 1 diraih utusan Kota Denpasar, Juara 1 Kabupaten Gianyar dan Juara 3 Kabupaten Badung.

Untuk lomba Busana Kasual Berpasangan diraih oleh Juara 1 Kota Denpasar, Juara 2 Kabupaten Badung dan Juara 3 Kabupaten Gianyar.

Sedangkan Busana Pesta dari kain tenun diraih oleh Juara 1 Kabupaten Gianyar, Juara 2 Kota Denpasar dan Juara 3 Kabupaten Klungkung.  (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.