Wagub Cok Ace: Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital, Kunci Transformasi Ekonomi Bali

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dalam diskusi akhir pekan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) di Kebon Vintage, Jumat (18/6/2021). (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali pada Triwulan I 2021  -9.85 (yoy), meningkat dibandingkan dengan Triwulan IV 2020 yakni sebesar -12,21% (yoy). Dari data tersebut terlihat bahwa pertumbuhan ekonomi sudah menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik walaupun belum terlalu signifikan.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan, dengan berbagai macam kebijakan yang saat ini sedang dibuat oleh pemerintah seperti Work From Bali, mendorong industri kecil menengah, mendorong industri pertanian dan lainnya maka diharapkan pariwisata akan tetap tumbuh dengan baik.

Bacaan Lainnya

“Walaupun dengan keadaan pariwisata kita yang masih belum optimal karena penerbangan internasional masih ditutup, saya harap masyarakat tetap optimis terutama untuk para pengusaha agar tidak menjual asset. Sebab, saya yakin ketika nanti pariwisata kita normal kembali maka iklim pariwisata di Bali akan jauh lebih baik dari sebelumnya, untuk itu mari kita tetap optimis,” ujar Wagub Cok Ace, dalam diskusi akhir pekan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) di Kebon Vintage, Jumat (18/6/2021).

Karakteristik perekonomian Bali yang sangat dominan dipengaruhi oleh sektor industri pariwisata, sangat rentan terdampak terhadap isu lokal/regional maupun internasional seperti saat ini.

“Ke depan Bali harus bertransformasi mengikuti perkembangan ekonomi kreatif berbasis digital dan mengenali potensi ekonomi di daerah masing-masing,” jelas Cok Ace.

Selain itu, Wagub Cok Ace juga mengatakan bahwa arah pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital di tengah pandemi menjadi kunci transformasi guna membangun ekonomi Bali.

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi, komunikasi dan digital akibat pandemi telah mengubah hidup masyarakat. Inovasi dan digitalisasi adalah kunci dan tantangan terbesar sebagai strategi transformasi meningkatkan ketahanan perekonomian Bali.

Sebagai  prioritas utama pemulihan perekonomian Provinsi Bali ke depan adalah bidang pangan, sandang dan papan yang berdasarkan pada Tatanan Kehidupan Bali Era Baru, sehingga dapat mendorong sumber pertumbuhan ekonomi selain pariwisata.

“Saya harap diskusi akhir pekan yang dihadiri oleh perbankan yang ada di Bali ini dapat memicu semangat untuk menghasilkan ide atau gagasan inovatif guna meningkatkan Pembangunan Ketahanan perekonomian Bali ke depannya,” kata Cok Ace. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *