Bongkar! Modus Jasa Pengamanan di Balik Pungli

Polda Metro menangkap 24 pelaku pungli dan premanisme berkedok jasa pengamanan. (ist/dtc)

JAKARTA | patrolipost.com – Polda Metro Jaya kembali membongkar praktik pungli dan premanisme yang mengganggu aktivitas sopir truk kontainer di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kali ini, pungli dan premanisme dilakukan oleh oknum perusahaan jasa pengamanan dan pengawalan.

Para pelaku melakukan pungli dengan kedok menawarkan jasa pengamanan kepada pengusaha truk kontainer. Total ada 24 orang tersangka dalam 4 kelompok yang ditangkap Polda Metro Jaya.

“Dengan modus operandi seolah-olah mengamankan. Tapi sejatinya melakukan pemerasan kepada perusahaan angkutan kontainer dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada wartawan, dilansir Jumat (18/6/2021).

Kelompok ini mengganggu sopir truk maupun perusahaan ekspedisi dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok. Mereka beroperasi di luar Pelabuhan Tanjung Priok.

Fadil Imran mengungkapkan ada 4 kelompok yang melakukan pungli dengan kedok jasa pengamanan ini. Berikut daftarnya:

1. Kelompok ‘Bad Boy’ menarik pungli dari pengusaha truk dengan modus jasa pengamanan dan pengawalan. Ada 4 tersangka dari kelompok Bad Boy dengan barang bukti uang Rp 9,1 juta. Kelompok ini diorganisir oleh pimpinan, staf, dan koordinator ‘Asmoro’.

2. Jasa pengamanan Haluan Jaya Prakarsa. 6 tersangka ditangkap merupakan pimpinan, admin, anggota dan koordinator lapangan serta kelompok-kelompok kordinator ‘Asmoro’ dan bajing loncat di lapangan. Dari para tersangka disita barang bukti Rp 177 juta.

3. Kelompok jasa pengamanan Sapta Jaya Abadi. 3 tersangka ditangkap merupakan pimpinan dan korlap dan admin. Kelompok ini setiap bulan mengutip uang dari 23 perusahaan angkutan yang memiliki armada 529 unit. Total uang disita Rp 24,6 juta.

4. Kelompok Tanjung Raya Kemilau dengan 10 tersangka. Kelompok ini mengorganisir 30 perusahaan angkutan truk kontainer sebanyak 890 unit truk.

“Bagi mereka yang sudah membayarkan uang dengan dalih untuk pengamanan. Jika perusahaan pengangkut truk kontainer tersebut tidak memberikan uang, maka akan terjadi gangguan,” lanjutnya.

Kelompok ini mengganggu para sopir hingga pengusaha kontainer dengan ancaman.

Ancaman ‘Asmoro’
Keempat kelompok tersebut mengganggu aktivitas para sopir truk kontainer hingga pengusaha ekspedisi dengan ancaman ‘Asmoro’. Perusahaan yang tidak memberikan uang jasa pengamanan akan mendapatkan gangguan berupa tindak kriminal dengan berbagai modus.

“Jika perusahaan pengangkut truk kontainer tersebut tidak memberikan uang, maka akan terjadi gangguan gangguan di lapangan dalam bentuk ‘Asmoro’, dalam bentuk meleng diembat, pokoknya diganggu. Dalam bentuk bajing loncat,” jelas Fadil Imran.

Fadil Imran mengatakan aktivitas para pelaku ini kerap mengganggu distribusi importasi barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok. Upaya ‘Asmoro’ dilakukan dengan beragam modus, seperti bajing loncat dan membuat kemacetan.

“Dengan modus seolah-olah mengamankan, tapi sejatinya melakukan pemerasan kepada perusahaan angkutan kontainer dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok,” tuturnya.

Truk Ditempeli Stiker
Fadil melanjutkan para pelaku ini kemudian memungut uang dengan berbagai macam modus, mulai dari menempelkan stiker pada kendaraan truk. Satu truk kontainer bisa diwajibkan menyetor uang keamanan berkisar Rp 50-100 ribu per bulan.

“Jadi Anda bayangkan, kalau satu perusahaan memiliki 10 truk kontainer berarti dia harus menyetorkan uang Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta rupiah. Ada puluhan bahkan ratusan jasa angkutan di wilayah Jabodetabek yang hilir mudik mengangkut dan menurunkan barang dari dan ke Tanjung Priok,” bebernya.

Perusahaan kontainer yang tidak memberikan uang pungli akan diganggu dalam bentuk ‘Asmoro’. Ada yang berupa bajing loncat, menjual air minuman mineral, hingga tindakan kriminal lainnya.

“Untuk memuluskan aksinya kelompok ini menyuruh preman yang disebut ‘Asmoro’ yang ada di jalan, melakukan tindakan kriminal seperti merampas ponsel, mencuri, memeras dengan modus operandi menjual air mineral,” ungkapnya. (305/dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.